imayatiwahidah.com

Emak Blogger dan Influencer : Imayati Wahidah

14 comments

emak blogger dan influencer


Tarik nafas…
Buang…
Tarik nafas…
Buang…
Tarik nafas…
Sedang mikir aku MakOtak, hehe. Ceritanya masih dari Pelatihan Blogspedia Batch 3 nih. Kali ini materi dari salah satu coach tamu, yaitu Pak Ugi atau nama populernya sih sering dipanggil Kang Ugi . Ilmu yang dibagikan adalah tentang Personal Branding. Sebenarnya sedikit banyak bisa dibaca di about me, namun disana lebih general ya tentang blognya hanya sepintas membahas personal branding. So, aku memutuskan menulis tentang Emak Blogger dan Influencer. Ya itu aku, Imayati Wahidah. Sebenarnya seberapa dalam sih pentingnya Personal Branding?

Pentingnya Personal Branding

personal branding

Kalian ingin mengenalkan diri kalian sebagai apa ke dunia luar? Tujuan yang ingin didapatkan apa dari pengenalan diri kalian? Nah, itulah sederhananya apa yang dimaksud dengan personal branding. Adalah cara seseorang untuk mengenalkan diri sendiri untuk menunjukkan dan mempromosikan dirinya sesuai dengan tujuannya. Aku pribadi memilih untuk menjadi Emak Blogger dan Influencer, karena dengan tujuan bisa menjadi tempat berbagi kepada pembaca dan pengikut, selain itu juga tetap bisa digunakan untuk pengembangan profesionalitas kedepannya.

Kenapa harus sesuai dengan tujuannya, karena saat kita mempromosikan diri terutama di dunia professional pastilah ada tujuan yang kita inginkan. Dikenal banyak orang, banyak networking, jika didukung dengan tingkat kinerja dan etika yang baik dapat meningkatkan nilai branding diri.

Contoh beberapa orang yang berhasil dengan personal brandingnya antara lain adalah Pipiet Senja (Penulis), Khalid Basalamah Adi Hidayat Abdul Somad (Ustadz atau pendakwah), Hanung B (Sutradara), dan lain sebagainya. Mereka semua berhasil membranding dirinya dan sukses dengan fokusnya masing-masing.
Adapun beberapa cara untuk membuat personal branding adalah sebagai berikut :

1. Kenali Diri dan Keinginanmu

Sebelum melakukan dan memutuskan membuat personal branding. Alangkah baiknya kalian mengenali diri sendiri terlebih dahulu, seperti karakter, hobi, dan lain sebagainya. Pastinya akan lebih menyenangkan apabila apa yang akan kalian bagikan merupakan hal yang enjoy dilakukan.

2. Buat Deskripsi tentang Dirimu

Setelah memutuskan personal branding yang akan dibagikan, maka buatlah deskripsi tentang dirimu. Tidak harus nama asli jika ingin menggunakan nama pena juga bisa. Seperti Pipiet Senja misalnya. Jika personal branding dan karakter kuat maka tetap akan diterima di masyarakat.

3. Apa Kelebihan, Kekurangan, dan Keunikanmu

Boleh fokus terhadap kelebihan yang kalian miliki, tapi harus ingat bahwa tidak boleh menyombongkan diri. Tetap ada kekurangan di setiap individu, namun dengan kekurangan itu juga jangan sampai menjadikan diri minder yang sangat sampai tidak melakukan apapun. Semuanya haruslah seimbang. Keunikan atau ciri khas harus dimiliki dalam personal branding agar semakin mudah orang tahu.

4. Konsisten dan Continue dalam Berkarya

Dalam hal personal branding haruslah ada karya-karya atau prestasi yang dimiliki oleh individu tersebut. Karya dan prestasi yang dimiliki akan semakin menguatkan dan bukti dari personal branding.

5. Aktif dan Interaktif

Terus berusaha untuk mengasah otak dan belajar hal baru adalah contoh dari pengembangan personal branding. Memperluas pergaulan, sering mengikuti pelatihan, lomba, dan aktif bertanya akan membuat otak mendapat asupan baru.

Selain itu, kecepatan dalam menanggapi tanggapan terutama di media sosial juga menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan personal branding. Yang biasanya sedikit lambat dalam menjawab email maupun media sosial bisa meningkatkan kecepatannya.

Jadi, bagaimana apa personal branding yang ingin kalian bagikan? Apapun itu menjadi diri sendiri dan mempunyai tujuan yang jelas akan mempermudah pembuatan personal branding.

Emak Blogger dan Influencer

kartu nama


Sebelumnya di The Big Way Ngeblog sudah aku tuliskan bahwa keinginan ngeblogku muncul karena beberapa hal. Yaitu antara lain :

Aku suka banget bicara dan menulis

Dari dulu memang banyak bicara dan menulis, jadi memang harus ada tempat pelampiasannya agar bermanfaat dan nggak ngelantur juga sih, hehe

Sebagai tempat eksistensi dan ekspresi diri

Karena sejatinya setiap manusia pasti membutuhkan pengakuan. Yah kalau punya blog sendiri juga bebas mau menulis apa yang ada di otak kita karena kadang atau seringkali berbeda dengan orang lain.

Bermanfaat untuk orang lain

Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Walaupun masih banyak curcol nya yah hehe, semoga bisa dipetik yang baik dan buang jauh yang buruk

Emak Blogger

Diawali dari perubahan yang drastis setelah menjadi seorang Emak membuatku juga merasa ada sesuatu yang baru dalam diri. Karena aku orangnya termasuk ekspresif, maka memang diperlukan suatu wadah sih untuk bisa tetap waras. Hehe

Bagi para Emak di luar sana menjaga kewarasan adalah salah satu yang harus dijaga agar kestabilan jiwa dan raga seimbang. Mood swing tidak hanya anak saja ya yang merasakannya, yang momong pun bisa kecipratan imbasnya.

So, memutuskan untuk menjadi Emak blogger adalah salah satu personal brandingku. Karena sudah menjadi Emak kan, dan ini adalah blogku pribadi.

Pemilihan Niche blog ini adalah Lifestyle alias gado-gado campur bawur tapi endul, just like gado-gado hehe. Alasan utamanya karena masih blogger pemula juga, ya agar bisa bebas dan banyak tulisan yang masuk dan tidak terkotak di suatu bahasan tertentu gitu sementara ini, paling tidak bisa dijamin dirawat Insya Allah kalau isinya gado-gado. Karena isinya bebas aja, namun memang sih masih banyak curhatannya kayaknya. Tapi semoga ada yang bermanfaat dan bisa dipetik pelajarannya ya!

Nah, di dalam blog Inside Imayati's Brain ini ada 6 label yaitu :

Traveling and Eating, berisi tentang tulisan saat penulis melakukan traveling ke berbagai tempat dan pastinya jika jalan-jalan nggak akan jauh ya dari makanan alias kulineran. So, jadilah label yang satu ini.

Cooking, salah satu kegiatan di rumah yang penulis gemari karena bisa coba cobi berbagai resep masakan, yah walaupun masih trial dan error wkwkwk. It's oke karena learning is never ending, right?

Health, Beauty and Fashion, seorang emak juga wanita biasa yang ingin cantik dengan berbagai macam perawatan. Disini akan banyak dibahas tentang kesehatan, skincare, makeup, tips kecantikan. Pokoknya ikhtiar yang bikin kita glow to the wing alias glowing!

Parenting, Tak afdol kalau blog personal seorang emak gini nggak ada isinya parenting ya, karena banyakk banget ilmu dan update ilmu tentang pengasuhan ini. So wajib ada dicatat dan dibaca!

Curhat Colongan, tempat yang isinya menyampaikan pikiran, pendapat, kegelisahan seorang manusia berjenis kelamin wanita yang harus mengeluarkan 12.000 kata setiap harinya, hehe. Jangan heran kalau isinya ini

Lain-lain, pastinya akan ada tulisan yang bingung mau dimasukkan ke label yang mana. Mau buat label baru kayaknya eman kalau isinya dikit. So lain-lain is the win-win solution.

Influencer

Sebenarnya apa sih yang dimaksud influencer? Istilah influencer ini sudah tidak asing ya dengan telinga kita. Influencer adalah seorang dengan jumlah followers atau pengikut banyak, yang memiliki pengaruh besar kepada audience.

Siapapun bisa menjadi seorang Influencer dengan berbagai macam gayanya masing-masing. Itulah pentingnya personal branding agar semakin dikenal dalam dunia digital saat ini.

Untuk itu, aku pribadi berusaha melakukan review sejujurnya dan berbagi hal-hal yang bermanfaat untuk pengikutku, terutama di Instagram (@imayatiwahidah) dan di blog ini. Sebagian besar sharing yang aku lakukan tentang family, cooking, dan parenting.

Sepertinya itu saja MakOtak, sekilas tentang personal branding blogger dan aku yang memilih untuk menjadi Emak Blogger dan Influencer. Terimakasih sudah berkunjung ke blogku semoga bermanfaat. Merdeka! 🇮🇩

Related Posts

14 comments

  1. Curhat colongan menarik nih. Pastinya curcolnya banyak hal

    ReplyDelete
  2. Aku auto inhale exhale pas baca tulisan pembukanya hehee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun hehe sempat kutinggal dulu bingung nulisnya

      Delete
  3. Satu hal yang aneh adalah, aku sulit nemu kelebihan diri sedangkan kekurangan setumpuk, PR banget ini

    ReplyDelete
  4. Biarpun emak-emak tetap bisa produktif, ya. Selain itu, bisa melampiaskan keinginan untuk terus menerus nyerocos dengan lebih positif, yaitu menulis.

    ReplyDelete
  5. Bener mak. Sebagai emak kita harus selalu waras stabil seimbang. Semangat terus mak

    ReplyDelete
  6. Keren kali, mak-mak influencer, inspiratif

    ReplyDelete
  7. Setuju banget emak2 blogger n influencer. Smg bisa menjadi bagian dr ini.. Dg kerempongaan yg ruaaar biasaaa

    ReplyDelete

Post a Comment