imayatiwahidah.com

Setiap Pasangan Wajib Tonton! Drama Korea Birthcare Center

6 comments
drama korea birthcare center


Tidak mudah, sangat tidak mudah menjadi orang tua baru. Bukankah begitu MakOtak? Rasanya seperti masuk ke next level tantangan kehidupan setelah menjadi orang tua, walaupun sudah banyak persiapan tapi tetap saja, tidak mudah. Hehe. Drama Korea Birthcare Center ini bisa kukatakan sangat mewakili tantangan para orang tua baru, terutama menjadi seorang ibu baru pasca persalinan. Kompleks sekali hal-hal yang akan dihadapi.

Drama Korea Birthcare Center ini menceritakan kehidupan para pasien (beserta pasangannya) dan staff di sebuah pusat perawatan pasca persalinan. Fokus ceritanya menyorot kehidupan seorang ibu pasca melahirkan. Dikemas dalam wadah yang kocak abis tapi juga mengharukan membuat kita para orang tua baru tidak akan merasa sendirian. Karena seringkali, apalagi di posisi seorang Ibu baru merasa semua kesalahan ditimpakan kepadanya. Padahal siapa sih Ibu yang ingin ada yang hal tidak baik menimpa anaknya? Dan banyak permasalahan lainnya. Penasaran? Simak review dariku sampai tuntas ya!


IDENTITAS FILM

hyunjin, anak, dan suaminya


Sebelum aku ceritakan isi filmnya mari kita kenali dulu identitasnya, karena tak kenal maka hayuk kenalan, jangan lupa kenalan denganku juga ya yang belum hehe. Walaupun Drama Korea Birthcare Center ini sudah dirilis di tahun 2020, namun menurutku masih sangat berguna bagi kita, para orang tua terutama ibu baru. Berikut detail informasi tentang drama ini dilansir dari viki.com.

Judul Asli Korea : 산후조리원

Dikenal Juga dengan Judul : Sanhujoliwon, Postpartum Care Center, Sanhoojoriwon, Postnatal Care Center, Sanhujoriwon, Birthcare Center

Penulis : Kim Ji Soo

Sutradara : Park Soo Won

Pemeran Utama :

Uhm Ji Won sebagai Oh Hyun Jin Ibu tertua dan Ibu Ttak Pul. Dia adalah anggota dewan eksekutif termuda dan karismatik yang tidak bisa menahan diri.

Park Ha Sun sebagai Jo Eun Jung. Ibu yang sempurna dan lebih dikenal dengan Ibu Sarang. Ibu kelas satu yang membesarkan anak kembar setelah 24 bulan menyusui mereka.

Jang Hye Jin sebagai Choi Hye Sook. Direktur pusat, presiden di antara para ibu dan pemandu mereka yang sangat dipercaya.

Yoon Park sebagai Kim Do Yoon. Suami Hyun Jin yang tampan dan lebih muda darinya.

Choi Ri sebagai Lee Roo Da. Ibu Yomi yang memikirkan dirinya sendiri sebanyak yang dia pikirkan tentang anaknya.

Pemeran Pendukung :

Choi Soo-min sebagai Ahn Heenam. Kepala perawat pusat yang memiliki dua suara berbeda seperti Jekyll dan Hyde.

Kim Minchul sebagai Minsoo

Nam Yunsu sebagai Ha Gyeonghoon

Lim Hwayoung sebagai Park Yoonji

Bae Woohee sebagai Heewon, junior Doyoon

Jung Sungil sebagai Lee Sunwoo

Pemeran Penampilan khusus :

Park Siyeon sebagai Han Hyorin

Lee Junhyeok sebagai Yang Joonseok

Jung Moonsung sebagai dokter residen spesialis kebidanan dan ginekologi

Kang Hongseok sebagai Malaikat Maut

Genre : Komedi, Life, Drama, Melodrama

Negara asal : Korea Selatan

Tipe : Drama

Jumlah Episodes : 8

Tayang Perdana : 2 November 2020 - 24 November 2020

Jadwal Tayang : Senin dan Selasa

Tayang di Channel TV : tvN

Durasi Per Episode : 1 jam 5 menit

Usia Rekomendasi : 16+


ISI


Setelah selesai menonton drama ini, rasanya terngiang-ngiang sekali di kepala dan dari dulu ingin merekomendasikan kepada kalian. Namun baru sekarang ada kesempatan untuk menulisnya. Berikut isi Drama Korea Birthcare Center ini :

Orientasi


Drama Korea Birthcare Center ini cukup diterima dengan antusias oleh masyarakat, baik di korea selatan sendiri maupun di luar korea. Rating yang didapatkannya pun cukup baik. Dari google review, drama ini mendapatkan total 4.8/5 bintang dari penontonnya. Sedangkan dari viki.com mendapatkan 9.5/10 bintang dari total 3.045 vote.

Untuk penghargaan yang didapatkan Uhm Ji Won sebagai Oh Hyun Jin masuk dalam nominasi aktris terbaik dan Park Ha Sun sebagai Ibu Sarang juga masuk dalam nominasi artis pendukung utama terbaik di Baeksang Arts Awards ke-57 tahun 2021. Banyak yang berharap juga ada season 2 untuk drama ini.

Sinopsis


Oh Hyun Jin (Uhm Ji Won) 42 tahun adalah seorang wanita karir yang sukses dengan jabatannya, pekerjaannya di perusahaan sangat diakui dan diapresiasi oleh atasan dan rekan kerjanya. Sehingga di usia yang cukup muda (untuk jenjang karirnya), dia berhasil menduduki jabatan yang tinggi.

Disisi lain, di umur 42 tahun Hyun Jin hamil anak pertamanya dengan suaminya Kim Do Yoon yang juga lebih muda darinya. Awalnya semua terasa baik-baik saja dan sudah dipersiapkan dengan rapi dan tertata sesuai teori yang dipelajari tentang hamil persalinan dan mempunyai anak. Namun, ternyata tidak semudah menghafal teori.

Tantangan Hyun Jin dimulai saat kontraksi dan proses persalinan normal yang tidak bisa diungkapkannya, lalu dukungan mertua yang kurang. Namun, Hyun Jin sangat bersyukur karena ibu kandungnya sangat mendukungnya dan suaminya adalah suami siaga.

Setelah melalui persalinan, Hyun Jin memilih salah satu pusat pemulihan pasca melahirkan elite di korea. Fasilitas yang ada layaknya hotel dan lengkap, selain pasien suami juga disarankan untuk tinggal bersama juga untuk mendukung percepatan pemulihan.

pasien birthcare center


Disana dimulailah kejutan-kejutan yang tak terduga oleh Hyun Jin. Mulai dari drama menyusui, merawat anak, hingga kegalauannya untuk meninggalkan karirnya karena merasa tidak sempurna menjadi ibu. Maklum Hyun Jin adalah orang yang perfeksionis, sehingga menjadi ibu cukup membuatnya down secara mental.

Apalagi saat bertemu dengan para pasien yang ada disana dan menemukan fakta bahwa dirinya adalah yang tertua untuk kelahiran anak pertamanya. Banyak ibu yang lebih muda darinya lebih handal dalam merawat dan menyusui anaknya. Jadi semacam ada kasta di kalangan ibu disana, bahwa ibu yang 'sempurna' adalah melalui persalinan normal, anak sempurna, ASI yang berlimpah dan full diberikan 24 bulan, tinggal di rumah, tetap cantik, dan bisa mengurus segala keperluan rumah beserta pasangannya. Sedangkan kasta terendah adalah sebaliknya ibu yang memilih bekerja, memberikan sufor, dan lain sebagainya. Hal ini membuat Hyun Jin merasa jika mempunyai anak membuatnya tidak menjadi diri sendiri.

Pemegang tahta tertinggi dipegang oleh Jo Eun Jung atau yang terkenal dengan Ibu Sarang. Dia adalah ex-pramugari yang sangat cantik yang dipersunting oleh seorang public figur. Mempunyai tiga orang anak, anak pertama dan keduanya kembar laki-laki, dilahirkan secara normal dan diberi ASI full selama 24 bulan. Anak ketiganya adalah Sarang. Dengan segala kesempurnaannya di mata para ibu, Jo Eun Jung menjadi primadona di pusat pemulihan pasca melahirkan. 

Namun ternyata dibalik itu semua dia juga mempunyai banyak masalah yang kompleks. Mulai dari internal hubungannya dengan pasangan, karir suaminya yang mulai padam, kerinduannya pada dunia maskapai sampai kerumitannya dalam mengasuh anak kembarnya yang beranjak besar, dan pengasuh yang tidak pernah bisa betah dengan keaktifan mereka sehingga harus berganti setiap waktu.

Well, selain itu di drama ini juga ada cerita-cerita lain dari ibu lainnya yang seru, menarik, kocak, haru bercampur menjadi satu. Dijamin sukses membuat perut kalian bergetar. Hehe.

Pada akhir cerita diberikan pesan bahwa bagaimanapun keadaanmu apapun pilihanmu saat menjadi ibu, maka itu adalah keputusan yang sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing keluarga. Ibu yang sempurna adalah ibu yang bahagia. Karena setiap orang punya pilihan dan berhak mendapat kebahagiaan.

Analisis


Drama Korea Birthcare Center ini terdiri dari 8 episode yang berdurasi sekitar 1 jam 5 menit di setiap episodenya. Cukup sedikit jika dibandingkan dengan rata-rata drama korea lainnya yang berjumlah belasan hingga puluhan episode.

Cerita yang disajikan sangat menarik dan relate dengan banyak kejadian yang ada. Mulai dari kejenuhan dalam menjadi IRT hingga kegalauan para ibu bekerja.

Walaupun mengandung promosi iklan tapi cukup mengena bagi banyak penontonnya, termasuk aku pribadi. Saat menonton ini aku pun sampai ikut merasakan betapa tidak mudahnya hal yang dirasakan para ibu disana, dan sekaligus iri karena disini apalagi di kampung halaman belum ada fasilitas pemulihan pasca melahirkan. Hehe. Sepertinya nyaman banget kan ya.

Evaluasi


kocak

Saat menonton Drama Korea Birthcare Center ini kemungkinan penonton juga akan mempunyai dua pemikiran. Yang pertama bisa jadi mereka semakin semangat mempersiapkan keluarganya saat akan mempunyai anggota baru. Yang kedua bisa jadi orang akan mundur dan memilih untuk hidup sendiri atau tanpa anak. Seperti yang terjadi pada beberapa pilihan selebriti tanah air baru-baru ini. Terlepas dari mereka menonton atau tidak ya drama ini. Hehe.

Karena drama ini berasal dari korea selatan dan disana setauku saat ini sudah jarang sekali pasangan memilih untuk memiliki anak. Pernah aku membaca cerita salah satu orang Indonesia yang mempunyai suami korea bercerita bahwa disana karakter orang lebih banyak cuek. Namun, jika bertemu bayi apalagi lebih dari satu mereka sangat senang hingga mengatakan terimakasih telah mau melahirkan kepadanya. Karena memang sudah jarang sekali anak kecil disana.

Dengan semua perbedaan pandangan tersebut menurutku apapun pilihan kalian, kalianlah yang tahu dan mampu. Terutama untuk kalian para ibu baru. Karena aku pribadi juga ibu baru dan merasakan berbagai macam gejolak. Apapun pilihan kalian, kalian tetap ibu yang sempurna jadilah ibu yang bahagia. Karena dengan ibu yang bahagia maka anak akan bahagia. Karena anak kita butuh orang tua yang bahagia, bukan orang tua yang sempurna menurut kata orang. Salam waras!

PENUTUP


Setelah menonton Drama Korea Birthcare Center ini membuatku ingin juga ke pusat pemulihan ibu pasca melahirkan. Di Indonesia kira-kira ada nggak ya? Hehe. Kebayang dengan fasilitas hotel dan semuanya dipegang oleh tenaga profesional selama beberapa waktu lumayan banget membuat kewarasan terjaga. Tidak direpotkan dengan kunjungan sana sini padahal jahitan masih nyut-nyutan. Sebenarnya kunjungan tidak masalah, yang agak membuat terjun payung terkadang komentar yang tidak dibutuhkan. Hehe

Cukup sekian dan aku sangat merekomendasikan kalian baik yang sudah berkeluarga maupun belum, ini bagus dan relate dengan keadaan di hampir semua orang tua baru, terutama ibu. Hanya delapan episode saja (biasanya drama korea kan belasan ya), pastikan kalian nonton deh Drama Korea Birthcare Center ini! Terimakasih sudah menyempatkan mampir ke blogku ya, sehat selalu dan salam waras untuk para orang tua terutama kamu bu!

Related Posts

6 comments

  1. Runtut banget setiap bagiannya ada. Makasih Mba, aku jadi punya referensi baru soal cara penulisan dan judul fil yang bagus.

    ReplyDelete
  2. Kok bisa, ya, saya tidak tahu drama Korea dengan tema sebagus dan seunik ini :)

    ReplyDelete
  3. Ahh bener banget, aku sepakat sama judul artikel ini mbak :"

    ReplyDelete

Post a Comment