imayatiwahidah.com

Simpati Wujudkan Kecerdasan Negeri, Kampung Baca Tansal

1 comment
kampung baca tansal
Sumber : Instagram @kampungbacatansal

Halo MakOtak, lama tak berjumpa. Kali ini aku akan membawa kalian jalan-jalan menyusuri dunia literasi dan inspirasi ide dari anak bangsa. Seperti yang kita ketahui, buku merupakan salah satu investasi literasi ilmu. Salah satu pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Namun, masih sedikitnya minat baca terutama di kalangan muda yang tergerus pemanfaatan teknologi terkini terutama penggunaan gadget ataupun fasilitas yang kurang menarik di perpustakaan menjadikan mirisnya kesadaran literasi sejak dini. Hal ini membuat Siti Badariah, atau biasa dikenal dengan panggilan Kak Badar untuk membuat Kampung Baca Tansal. Kampung literasi yang terletak di Kampung Tengah Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Ide cemerlangnya sangat menginspirasi!

Awal Mula Ide Kak Badar

siti badariah
Sumber : Instagram @badariah_tanjung

Kecintaannya terhadap buku sejak dini membuat Kak Badar memiliki ide untuk memberikan inovasi terhadap desanya. Berawal dari simpatinya dan rasa cinta terhadap desanya yaitu Kampung Tengah. Melihat perpustakaan yang ada di desanya sangatlah minim pengunjung dan memang perlu perbaikan untuk menarik peminatnya. Berbeda sekali dengan keadaan di kota saat Kak Badar menyelesaikan pendidikannya.

Akhirnya, pada tanggal 5 Desember 2017, taman baca yang ada di Tanjung Saleh resmi didirikan di Kampung Tengah RT 15 RW 03. Nama Taman Baca Masyarakat (TBM) yang didirikan Kak Badar diberi nama Kampung Baca Tansal (KBT). Diberi nama ini karena lokasi berada di Kampung, yaitu Kampung Tengah. Sedangkan Baca diambil dari arti literasi, dan Tansal itu singkatan dari Tanjung Saleh. Jadilah Kampung Baca Tansal.

Setelah beberapa bulan berdirinya KBT yang di Dusun Kampung Tengah, warga dusun sebelah juga meminta untuk didirikan TBM di dusunnya yaitu Dusun Parit Pangeran. Dengan beberapa pertimbangan, akhirnya KBT cabang kedua didirikan. Kak Badar beserta tim mempersiapkan untuk pendirian KBT cabang kedua. Warga sangat antusias dengan adanya program ini. Berarti memang jika ada suatu inovasi yang kreatif maka pastinya akan menarik minat pembaca.

Alhamdulillah sekarang KBT sudah melewati milad keempatnya dan di setiap miladnya Kak Badar berserta tim membuat acaranya khusus untuk memperingatinya. Walaupun banyak rintangan dan hambatan juga saat menjalankannya, tapi berkat semangat seluruh tim dan dukungan sekitar untuk Kampung Baca Tansal tetap berjalan lancar.


Program Andalan

visi misi kampung baca tansal
Sumber : Instagram @kampungbacatansal

Peningkatan minat baca di daerah Kampung Tengah dan sekitarnya sejak adanya Kampung Baca Tansal ini pastinya tidak serta merta hanya karena ada perpustakannya saja. Runner Up 1 Duta Baca Kalbar pada Tahun 2017 yang satu ini membuat berbagai macam inovasi program. Program yang ada digagas bersama tim relawan. Nah, ada tujuh program yang dicanangkan di KBT ini. Antara lain :

program kampung baca tansal
Sumber : Instagram @kampungbacatansal

1. Perahu Baca

Seperti nama programnya, program ini dilaksanakan di atas perahu seperti membaca buku, melapak buku, membawa buku ke kawasan yang sulit, dan kegiatan seru lainnya.

2. Ahad Cerdas

Mendatangkan sosok yang inspiratif dan melakukan kegiatan inspiratif untuk berbagi ilmu edukatif, pengalaman baru, semangat dan juga membuat kegiatan yang seru dan menantang seperti game dan perlombaan.

3. Bimbel Komputer Gratis

Memberikan program bimbel komputer gratis agar adik-adik pandai menggunakan komputer.

4. Bimbel Menulis Gratis

Memberikan bimbingan menulis gratis sampai menghasilkan karya.

5. Bimbel Kaligrafi Gratis

Program yang mengasah minat dan bakat adik-adik dalam bidang kaligrafi. Diajarkan oleh penduduk sekitar yang bisa kaligrafi.

6. Berantas Buta Huruf

Diperuntukkan untuk menghapus buta huruf yang masih ada.

7. Volunteer Muda Hebat

Diberikan wadah bagi siapa saja yang ingin menjadi relawan di Kampung Baca Tansal.

Bagi yang ingin mengenal lebih jauh tentang Kampung Baca Tansal, memberikan donasi, bahkan yang tertarik untuk langsung mengunjungi bisa meluncur ke instagram Kampung Baca Tansal dan klik link di bionya.

Berbagai Macam Penghargaan

kampung baca tansal sebelum dan sesudah dimural
Sumber : Instagram @kampungbacatansal

Sejak berdirinya Kampung Baca Tansal sampai sekarang, alhamdulillah sudah mulai dikenal banyak orang. Salah satunya orang nomor 1 di Kubu Raya, yaitu Bupati Kubu Raya. Muda Mahendrawan. Support dari warga dan pemerintah membuat semangat Kak Badar dan tim relawan untuk terus mengembangkan KBT sampai sekarang ini. Hingga pencapaian terbesar lagi yang bisa tercapai adalah TBM KBT bisa masuk koran dan berita TV Nasional pada Hari Literasi Nasional 2020. Tidak hanya itu, KBT pun mendapatkan penghargaan dalam event Nasional dalam Lomba Foto Kegiatan Literasi dari Kemendikbud. Tahun 2021 Kampung Baca Tansal mendapatkan penghargaan Satu Indonesia Award (SIA) Provinsi dari Astra karena ide yang dibuat menggambarkan semangat kebangkitan Indonesia.

Selain itu, tamu dari dari kota juga mulai berkunjung ke Kampung Baca Tansal dengan membawa donasi berupa buku, mainan edukasi, rak buku, meja, papan tulis, peralatan belajar serta kue. Warga dan pembaca di KBT terutama anak kecil sangat senang, karena banyak orang baru yang datang ke desanya.

Sangat menawan bukan Kampung Baca Tansal yang dijalankan Kak Badar, MakOtak? Bergeraklah dengan mimpi dan cita-citamu, raihlah ilmu dan cintailah buku. Karena buku akan menuntunmu. Salam literasi ke seluruh penjuru negeri! Terimakasih sudah berkunjung ke blogku, jangan lupa untuk kepoin aku ya disini. Semoga bermanfaat.

Related Posts

1 comment

  1. Wah, Masya Allah. Memang gerakan seperti ini sangat diperlukan ya, supaya minat literasi pun makin meluas di negeri ini.

    ReplyDelete

Post a Comment