imayatiwahidah.com

Lagi Kangen! Seblak Pelangi Babat Mbak Lela

14 comments
seblak pelangi babat mbak lela


Akhir-akhir ini tulisannya sering ke jalan-jalan dan kulineran ya MakOtak, hehe. Kebetulan tugas pelatihannya tentang itu, so let's go tetap semangat menulis seperti The Big Whyku ngeblog! Kali ini menulis review kuliner salah satu tempat makan. Kebetulan aku lagi kangen nih sama Seblak Pelangi Babat Mbak Lela. Apa ya istimewanya?

Awal mula tahu bahwa ada warung ini sebenarnya dulu saat masuk komunitas menggendong emak-emak daerah Lamongan, karena setelah lahiran pertama dulu stay disana. Paling tidak beberapa emak satu minggu sekali mampir ke warung Seblak Pelangi Mbak Lela, jadi ikutan penasaran donk pengen nyobain walau sebenarnya awalnya aku bukan penggemar seblak sih. Eh! Endul dan ketagihan akhirnya selalu beli kalau pulang ke Babat. Hehe

Sejarah

sejarah


Di balik terkenalnya Seblak Pelangi Babat Mbak Lela hari ini pasti ada sejarah yang mengawali. Mbak lela memulai usahanya dari bawah. Berawal dari hobi memasaknya dan pengalaman bekerja di tempat seblak saat itu membuatnya ingin mandiri dengan membuka usaha pribadi.

Sekitar tanggal 30 Januari 2018, Mbak Lela secara perdana membuka usahanya sendiri. Mendapat ide saat pengalaman pernah ikut orang jualan seblak dulu, sehingga membuatnya sudah tahu bumbu utama seblak apa saja. Namun, Mbak Lela ingin punya usaha seblak yang berbeda dari yang lain, jadi varian topping diberi banyak sekali pilihan agar orang lain tidak bosan.

Pertama kalinya warung seblak buka di jalan tambangan (bawah jembatan babat), cukup lama disana. Alhamdulillah sekarang sudah pindah ke rumah pribadi Mbak Lela di jalan Sawonggaling no.88 Babat - Lamongan. Sudah sekitar dua setengah tahun menetap disini. Lahan parkir di tempat Mbak Lela lebih luas dibandingkan dengan tempat sebelumnya, sehingga membuat pelanggan lebih leluasa untuk parkir kendaraannya.

Buka dari jam 10.00 - 17.00 dari hari Senin - Minggu, kecuali Kamis libur ya. Tapi jika sebelum jam 17.00 sudah habis maka warung akan tutup leboh awal. Seblak yang terbuat dari 100% cabai murni dan tersedia 40+ pilihan isian dan topping membuat para pelanggan ketagihan dan ingin kembali lagi. Selain itu yang utama pastinya dengan rasanya yang nikmat harga tetap bersahabat.

Lika-liku Mbak Lela


lika liku mbak lela


Setiap orang yang telah mencapai kesuksesannya pasti melalui cerita lika-liku yang tidak mudah, siapapun itu termasuk Mbak Lela dalam merintis bisnisnya. Asam pahitnya pengalaman tak membuatnya gentar dalam terus berusaha. Setelah kesulitan pasti akan ada kemudahan jika kita mau berikhtiar dan tawakal.

Saat itu kendala utama yang paling berat saat berbisnis seblak dulu adalah jarak antara rumah dan lokasi jualan yang cukup jauh. 10-15 menit ditempuh dengan sepeda motor dan harus membawa banyak barang bahan seblak setiap hari. Dibantu dengan emak saja Mbak Lela memulai usahanya.

Selain itu parkiran di tambangan yang sempit membuat pelanggan cukup kesulitan, terutama untuk pelanggan yang memakai roda empat. Karena lokasi jualan yang sangat dekat dengan jalan umum. Selain itu, jalur jalan utama di tambangan merupakan jalan yang dilewati oleh berbagai kendaraan umum yang cukup padat, seperti bus, angkutan umum, becak, hingga truk. Walau sebenarnya ada plusnya juga ya, karena tempatnya yang strategis sering dilewati oleh berbagai macam orang.

Alhamdulillah di jaman media sosial yang serba mudah ini membuat Mbak Lela memanfaatkannya untuk promosi. Lewat Instagram dan WA digencarkanlah untuk mengenalkan seblak pelangi babat ini. Untuk akun Instagramnya kalian bisa kunjungi disini ya! 

Setelah melewati berbagai lika - liku, Prospek keuntungan cukup besar Alhamdulillah mulai dirasakan oleh Mbak Lela, dengan ketekunan dan kualitas seblaknya membuat pelanggannya semakin bertambah. semakin pelanggan memilih topping yang banyak, maka profit yang didapatkan juga semakin besar. Untuk itulah Mbak Lela berusaha terus menambah varian pilihan topping. Pesaing yang semakin banyak juga memberikan motivasi baginya untuk harus tetap berinovasi agar pelanggan tidak bosan dengan seblak buatannya.

Pilihan Menu


pilihan menu


Menu utama dari Seblak Pelangi Babat Mbak Lela ini pastinya seblak ya, hehe. Namun, pilihan isian topping menunya yang banyak sekali membuat penikmat seblaknya tidak bosan. Mulai dari berbagai macam varian isi cilok, sayur, telur, dumpling, bakso, jamur dan lain-lain yang pastinya membuat kalian ingin mencoba semuanya, hehe.

Agar rasa Seblak tidak monoton, aneka pilihan topping yang ditawarkan bisa memilih sesuai selera pelanggan. Selain itu, bisa request sesuai keinginan juga untuk tidak pedas, sedang, pedas, dan super pedasnya. Seblak Pelangi Babat Mbak Lela ini termasuk tipe seblak yang memakai kuah ya.

Beberapa menu topping favorit pelanggan antara lain cilok jamur, cilok keju, jamur, untuk topping lainnya yang favorit adalah yang dibuat sendiri oleh mbak lela seperti tahu, bakso, dan siomay kubis. Cuanki ambil langsung dari Bandung. Jadi ada beberapa topping yang dibuat sendiri oleh Mbak Lela, ada juga yang tidak.

Selain itu, Mbak Lela berinovasi membuat Seblak Instan dengan tiga varian rasa. Jadi, buat kalian yang ingin pergi ke luar kota tapi kangen dengan seblak pelangi bisa Pre Order dulu untuk dibuatkan seblak instannya ya. Kalau menurutku rasanya tidak jauh berbeda dengan seblak aslinya, walaupun tetap lebih enak jika beli langsung ke warungnya. Karena pastinya di seblak instannya belum bisa request topping basah, karena menghindari cepat mambu alias basi.

Ada tips and trik nih dari Mbak Lela agar pelanggan tetap setia dan kembali lagi. Yang pertama harus memberikan banyak inovasi varian baru setiap waktu tertentu agar pelanggan tidak bosan. Selain itu, agar pelanggan tetap kembali lagi dan lagi sering-seringlah posting di media sosial dan jalin silaturahmi dengan para pelanggan tidak hanya jual makanan saja. Jika terjalin komunikasi yang baik antara keduanya Insya Allah usaha akan semakin lancar karena saling menguntungkan dan menyenangkan.

seblak instan


Pesan untuk para pebisnis pemula dari Mbak Lela, jangan setengah-setengah jika ingin menjalankan bisnis tapi harus totalitas. Harus sering promo tidak gampang menyerah terus berinovasi. Intinya berjuang tanpa lelah agar usaha semakin jaya dan berkah. Nah, bagaimana? Tertarik untuk memulai bisnis sendiri?

Jadi Penggemar Seblak

Pada akhirnya pun aku menjadi salah satu penggemar seblak deh, gara-gara ketagihan Seblak Pelangi Babat Mbak Lela, hehe. Tiap ada seblak aku cobain tapi entahlah lidahku belum ada yang secocok dengan seblak satu ini. Makanan wajib dikunjungi atau pesan antar saat pulang, paling tidak sekali saat ada di rumah. Dulu malah hampir tiap minggu beli. Adik-adikku sampai Sena anakku juga suka juga.

Kalau ditanya menu favoritku pribadi adalah seblak isian cilok keju (ini WAJIB kalian coba!), dumpling keju, sayur, telur, ceker, dan tambah kwetiau kalau lagi lapar, hehe. Pastinya dengan kuah melimpah yang pedas! Mantap banget. Duh, jadi lapar dan ngiler mana belum bisa pulang, hehe.

Jadi bagaimana tertarik untuk mencoba Seblak Pelangi Mbak Lela? Jangan lupa mampir kalau lewat Babat-Lamongan ya! Terimakasih sudah berkunjung ke blogku. Nantikan tulisan-tulisanku berikutnya ya!

Related Posts

14 comments

  1. Menggoda banget nih menu seblaknya. Pengen tapi suka maju mundur kalo pas mau beli.

    ReplyDelete
  2. Aku dulu kurang doyan seblak aq pikir rasanya aneh eehh ternayta enak juga ya..jadi doyan

    ReplyDelete
  3. Aku kira seblak ada babatnya. Tp mantabb bgt sih sampe mendatangkan bahannya dari Bandung. Keren Mbak Lela

    ReplyDelete
  4. Oh Babat itu nama tempatnya, ya? Kirain salah satu toppingnya ;) Sebagai warga Jabar, bangga sekali kini seblak sudah bisa didapatkan hampir di setiap tempat. 💜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak nama tempatnya itu babat bukan toppingnya, enakk aku suka seblak

      Delete
  5. Wah seblak akupun pencinta seblak. Apalagi ada kemasan instannya. Jadi makin mudah menikmati seblak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyapp toss banget akupun jadi pecinta seblak sekarang wkwkkwk

      Delete
  6. Pengen nyobaaaa seblak pelangi iniii

    ReplyDelete
  7. wahh kemasan instannya perlu dicoba ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak bisa langsung hubungi mbak Lela di CPnya yakk PO dulu biasanya

      Delete

Post a Comment