imayatiwahidah.com

Membuat Content Plan dan Manfaatnya

20 comments
membuat content plan dan manfaatnya

Hallo MakOtak, kalian tim yang selalu harus punya rencana yang matang akan sesuatu atau tim the power of kepepet kayak aku? Hehe. Kadang kala dengan berbagai kesibukan yang ada, apalagi sudah berkeluarga dan menyandang gelar emak menjadikan kita lupa akan sesuatu. Nah, kiranya meminimalisir hal tersebut alangkah baiknya jika kita menyiapkan rencana atau plan, termasuk sebagai blogger maka usahakan membuat content plan.

Sebuah perencanaan juga belum tentu juga pasti dan harus saklek terlaksana sesuai target, namun jika kita punya runtutan rencana paling tidak hal itu akan menolong kita bukan? Apa yang akan dikerjakan, bagaimana mengerjakannya, dan lain sebagainya. Pastinya butuh meluangkan waktu untuk menulis itu dan akan memudahkan kita. Karena setengah dari kesuksesan adalah perencanaan yang matang.


Manfaat Content Plan

manfaat content plan

Content Plan adalah perencanaan sebuah tulisan atau artikel content yang akan dibuat dalam waktu tertentu secara rinci sehingga memudahkan penulis saat akan memulainya. Beberapa manfaat dari membuat content plan untuk memudahkan penulisnya dari materi pelatihan blogspedia batch 3 antara lain adalah sebagai berikut :

1. Membantu Teratur dan Konsisten Posting

Membuat jadwal posting akan membantu memudahkan seorang blogger untuk mempunyai ritme teratur dan konsisten dalam memposting di blognya. Jadwal bisa dibuat sesuai kemampuan masing-masing terlebih dahulu, tidak perlu terlalu muluk-muluk. Sedikit tetapi dilaksanakan akan lebih baik daripada banyak tapi hanya wacana. Bisa dimulai dengan rutin menulis 2-3 X selama seminggu terlebih dahulu misalnya.

2. Merencanakan Konten yang Seimbang

Biasanya di setiap blog mempunyai beberapa label, terutama yang memilih niche gado-gado rata-rata label yang dibuat lumayan banyak. Agar konten yang dibuat seimbang antara label satu dengan lainnya, membuat conten plan akan memudahkan penulis dan tidak timpang jumlah artikelnya.

3. Menyediakan Konten yang Ditunggu Pembaca

Jika kita lihat di statistik blog, maka akan ada beberapa artikel yang mempunyai jumlah traffic lebih tinggi daripada lainnya. Hal itu bisa menjadi ciri bahwa pembaca suka dengan model konten seperti itu. Jadwalkan dengan rutin sehingga pembaca akan menunggu konten tulisan tersebut.

4. Tandai Hari-hari Spesial

Pada hari-hari spesial atau perayaan, biasanya traffic pencarian kata kuncinya meningkat. Maka saat membuat content plan tandai hari-hari tersebut dan sempatkan untuk membuat artikelnya.

5. Memilih Ide Terbaik

Dengan membuat content plan akan membantu untuk memutuskan mana ide terbaik yang akan ditulis. Memang membutuhkan waktu, namun jika sudah ditulis akan sangat memudahkan.

6. Tidak Ada Alasan Buntu Ide

Sering nih seorang blogger apalagi pemula seperti aku bingung, mau nulis apa ya, buntu idenya akhirnya batal menulis. Nah, membuat content plan ini akan sangat membantu karena sudah dibuat dan direncanakan tidak ada alasan buntu ide, tinggal intip content plan kita lalu eksekusi deh!

7. Mencari Postingan Lebih Cepat

Setelah eksekusi artikel, alangkah baiknya kita centang dan menulis link yang telah terbit ke dalam content plan. Jika sudah ditulis maka suatu saat membutuhkan tinggal mengecek data disana dan akan lebih cepat ditemukan.

8. Menghemat Waktu

Untuk membuat content plan memang membutuhkan waktu, namun rencana yang kita buat bisa untuk waktu yang lama serta teratur dan rinci. Saat hari H tinggal eksekusi saja tanpa berpikir lama ide apa dan tulisan yang bagaimana yang akan ditulis.

Ragam Membuat Content Plan dan Jenisnya

ragam content plan

Membuat Content Plan sebenarnya bisa suka-suka hati yang penting rapi. Ada orang yang tipikalnya suka corat-coret secara langsung, ada pula yang lebih suka menulis secara digital.

Jika dibedakan berdasarkan tempat membuat content plan, maka ragam membuatnya ada tiga cara yaitu :

1. Manual

Pembuatan content plan langsung di buku catatan. Cara ini cocok untuk tipe yang suka corat-coret secara langsung. Pastikan buku yang dipakai disimpan dengan rapih.

2. Printable atau Freebies

Bisa menggunakan desain yang sudah jadi, membelinya, atau membuatnya sendiri dan mencetaknya. Banyak bertebaran desain untuk membuat content plan di internet dan beragam aplikasi.

3. Digital

Menulis dan membuat content plan langsung diketik di HP ataupun PC menggunakan excell atau sheet. Jika membuat content plan disini pastikan benar-benar tersimpan, jika perlu buat salinannya agar data aman.

Jenis-jenis content plan berdasarkan waktu dibagi menjadi beberapa, yaitu :
- Yearly, membuat content plan selama satu tahun. Biasanya dibuat pada akhir tahun untuk rencana tahun berikutnya.
- Monthly, merencanakan tulisan yang akan dibuat selama satu bulan dan mencatat pencapaiannya.
- Weekly, content plan yang dibuat secara mingguan. Catatan dibuat lebih spesifik di weekly ini.
- Daily, lebih ke rincian outline secara rinci apa yang dilakukan per harinya.

Content Plan Ala Aku

Nah, di pelatihan blogspedia batch 3 ini kemarin mendapatkan tugas untuk membuat content plan mingguan dari tanggal 22 Agustus 2022 sampai 27 Agustus 2022 dan goal di tahun 2023. Karena aku adalah pengguna sat-set pakai canva jadilah memanfaatkan aplikasi favorit adalah pilihan, hehe. Apakah kalian juga pakai canva? Caranya mudah saja tinggal ikuti step berikut ini ya!

Pertama Buka Aplikasi Canva

Karena aku masih pakai yang free alias gratis jadi belum bisa memanfaatkan fitur yang dikembangkan di canva pro. Bagi kalian yang sudah pakai canva pro alias berbayar bisa lebih berimprovisasi ya.

step 1

Setelah membuka aplikasi klik tanda + yang ada di pojok kanan bawah untuk memulai membuat content plan. Aku pakai HP saat edit ini ya.

Kedua Pilih atau Cari Tools Apa yang Kalian Inginkan

Karena ini membuat content plan maka tinggal cari, ketik di search "planner" maka akan muncul beberapa pilihan. Aku pakai yang Planner 21 x 27.9 cm.

Ketiga Pilih Template atau Desain Sesuai Keinginan

step2

Disana akan banyak pilihan template yang sudah jadi dari mulai plan harian hingga tahunan. Jika ingin cepat bisa memilih menggunakan template yang ada. Tetapi silahkan jika mau desain dengan banyak element, gambar, dan lain sebagainya.

Kalau aku sementara ini memilih menggunakan template yang ada, karena cukup bagus sih daripada aku desain sendiri. Pastinya kuutak-atik sendiri dari warna, element, penempatan, dan lain sebagainya sesuai keinginan.

Keempat, Yuk Mulai Membuat Content Plan!

Nah, sudah siap semua saatnya eksekusi saja. Tulis content plan yang akan kalian buat. Bisa memilih harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Aku memilih yang weekly planner alias mingguan karena menyesuaikan dengan tugas.

Kelima, Save!

weekly plan imay

Sudah jadi semua MakOtak membuat content plannya? Jika sudah dan dirasa cukup maka tinggal download. Pastikan template dan gambar yang kalian pilih sesuai dengan aplikasi ya (ada pilihan berbayar dan tidak berbayar). Karena jika belum berbayar tetapi memilih template atau gambar yang berbayar maka tidak bisa di download jika belum dibayar.

goal imay 2023

Untuk downloadnya, aku pilih pojok kanan atas. Ada berbagai pilihan download, mulai dari jenis dokumen, ukuran, dan lain sebagainya. Pilih sesuai keinginan lalu download. Jadi deh!

Bagaimana, tertarik untuk membuat content plan juga? Yuk mulai membiasakan diri membuat perencanaan. Seperti salah satu pepatah, setengah dari kesuksesan adalah perencanaan yang matang. Terimakasih telah berkunjung ke blogku. Sukses selalu ya kalian semuanya. See ya!

Related Posts

20 comments

  1. Ayooo kita lebih semangat buat content plannya mbak..semoga Kıta sukses bersama

    ReplyDelete
  2. Desainnya cantik mba.. Aku lah tidak sat set pake canva. Padahal pengen buat sendiri trus di print.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar cepet selesai mbak, dan pilihan di canva juga banyak plus cakep sih hehe

      Delete
  3. Yearly planner ny keren mb,smoga sukses ya dgn smua goals nya

    ReplyDelete
  4. Aku sebenarnarnya tim yang the power of kepepet mbak heheheehe

    ReplyDelete
  5. Keyword di Canva nya "planner" aja mbak? Atau ada yg lain? Aku cari di canva kok gak nemu yaa 😪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku search langsung planner gitu. Coba setting bahasanya sudah english?

      Delete
  6. yang nambah seru saat posting itu, utak
    -atik canva ya, Mbak,, :)

    ReplyDelete
  7. wah ditunggu mba artikel-artikelnya minggu depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbak in, minggu depan tugasnya tiap hari selama enam hari wkwkwk

      Delete
  8. Planing nya bagusss semua mba ditunggu tulisannya...

    ReplyDelete
  9. kenapa ya mba kalo udah kepepet rasanya otak ini terasa encer...hahaha

    ReplyDelete
  10. desain content plannya membuat tambah semangat yaaa mbak. apalagi ada kata-kata "dont forget" heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kutambahin elemen itu mbak biar semangat kurang seminggu pelatihannya hehe

      Delete

Post a Comment