imayatiwahidah.com

Bukan Pantai Biasa! Pantai Pasir Kencana Pekalongan



pantai pasir kencana pekalongan

Kali ini aku akan mengajak kalian jalan-jalan alias traveling nih, MakOtak ! Siapa yang tak suka dengan pantai. Vitamin sea yang banyak digemari untuk dijadikan destinasi baik ketika bepergian seorang diri maupun bersama big family. Nah, Salah satu yang wajib kalian datangi adalah Pantai Pasir Kencana Pekalongan nih. Karena dia bukan hanya pantai biasa lho! Banyak fasilitas dan hiburan untuk kalian.

Terlebih lagi wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan ini baru saja direnovasi. Pastinya lebih fresh dengan tampilan terbarunya yang modern. Apa saja ya kelebihan berkunjung kemari dan tips yang perlu kalian garis bawahi? Simak sampai habis ya.


Letak Geografis

Dilansir dari Badan Promosi Pariwisata Kota Pekalongan, Pantai Pasir Kencana Pekalongan merupakan daya tarik wisata utama yang dimiliki Pemerintah Kota Pekalongan. Terletak berbatasan dengan Tempat Pelelangan Ikan dan Pelabuhan Perikanan Nusantara di Pantai Utara Jawa.

Jarak tempuh dari kota atau stasiun kereta api adalah sekitar 4,5 Km. Luas lahan 1,5 Ha. DTW ini dikelola oleh Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan. Di lokasi ini sering digunakan untuk kegiatan tradisi masyarakat, diantaranya Tradisi Pek Cun atau sedekah laut etnis Tionghoa pada tangal 5 bulan 5 penanggalan Imlek, Tradisi Syawalan, di mana masyarakat dari Pekalongan dan sekitarnya berduyun-duyun mengunjungi pantai bersama keluarga setiap tanggal 8 bulan Syawal, Pementasan kesenian tradisional Tari Sintren, Karawitan, Pentas seni kolaborasi, orkes melayu, lomba memancing, lomba menyanyi dan lain-lain.

Daya Tarik

before after


Pekalongan terkenal dengan berbagai macam wisata pantainya, salah satunya yakni Pantai Pasir Kencana Pekalongan ini yang terletak di Jalan WR Supratman, Kelurahan Panjang Wetan Pekalongan Utara. Berbagai macam daya tarik yang ditawarkan wisata ini antara lain :

Baru Direnovasi

Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan ini sudah ada sejak lama, namun baru direnovasi oleh pemerintah beberapa waktu yang lalu. Saat renovasi wisata ini masih tertutup untuk umum dan baru dibuka kembali tanggal 4 Maret 2022.

Saat aku dan keluarga kesana, untuk biaya tiketnya dibandrol dengan harga 20K per orang, dibuka mulai pukul 14.00-20.00 WIB.

Jalan menuju lokasi dulunya juga sedikit tidak ramah karena belum halus, namun sudah diperbaiki juga saat renovasi sehingga lebih nyaman untuk wisatawan. Pastinya menjadi lebih tertata, bersih, dan rapih.

Bisa Berenang dan Menikmati Pemandangan

suasana sore hari


Di dalamnya, kalian bisa dengan mudah berenang sepuasnya saat jam wisata tanpa perlu khawatir, karena antara pantai dan tempat berenang dibuatkan bangunan terpisah. Selain itu, ada pilihan kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Pastinya tetap hati-hati dan awasi anak-anak ya! Tempat bilas yang disediakan juga memadai dan bersih.

Untuk pemandangan laut atau pantainya bisa kita nikmati dari bawah dekat kolam renang dan dari atas jembatan. Jam yang paling ramai yakni sore menjelang malam yang selalu dinantikan oleh wisatawan. Bisa dinikmati juga lewat menara namun harus antri dan pintu menara ditutup pukul 18.00 WIB.

Berbagai Pilihan Kulineran

Food court juga menjadi salah sari daya tarik dari Pantai Pasir Kencana Pekalongan ini. Berjejer rapi hingga ujung memanjakan lidah para wisatawan yang berkunjung.

Dari cemilan kesukaan anak, es krim hingga makanan berat tersedia disini. Untuk harga masih amanlah di kantong. Jadi kalian tidak perlu khawatir.

Adat-istiadat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa daerah Pekalongan juga masih menjunjung adat-istiadat yang berlaku. Ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan juga di saat-saat tertentu.

Di lokasi ini sering digunakan untuk kegiatan tradisi masyarakat, diantaranya Tradisi Pek Cun atau sedekah laut etnis Tionghoa pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek, Tradisi Syawalan, di mana masyarakat dari Pekalongan dan sekitarnya berduyun-duyun mengunjungi pantai bersama keluarga setiap tanggal 8 bulan Syawal, Pementasan kesenian tradisional Tari Sintren, Karawitan, Pentas seni kolaborasi, orkes melayu, lomba memancing, lomba menyanyi dan lain-lain.

Penasaran bukan? Sama nih aku juga belum sempat lihat kegiatan masyarakat yang digelar meriah ini.

Fasilitas Penunjang yang Oke


pemandangan pantai


Tentunya fasilitas penunjang yang disediakan di tempat wisata harus mengutamakan kenyamanan untuk para wisatawan ya. Nah, beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Pasir Kencana Pekalongan antara lain :
  1. Taman bermain dan wahana permainan anak-anak;
  2. Penyewaan berbagai alat permainan;
  3. Panggung terbuka untuk kegiatan hiburan dan pentas seni;
  4. Bangku dan taman untuk bersantai;
  5. Becak dan Bebek Air;
  6. Kolam Renang;
  7. Air Mancur;
  8. Menara;
  9. Food Court atau warung makan;
  10. Musholla;
  11. Toilet umum dan Kamar Mandi Bilas;
  12. Lahan parkir yang luas.

lahan parkir


Cukup lengkap bukan? Cocok sekali untuk dijadikan tempat bersantai dan menikmati pemandangan alam sekitar. Dana yang dikeluarkan juga tidak besar, dompet dan hati bahagia bersama!

Tips Tipis - Tipis

Beberapa tips yang dapat aku rekomendasikan saat akan berwisata ke Pantai Pasir Kencana Pekalongan yaitu :

Jadwalkan

Usahakan jika ingin berwisata kita jadwalkan terlebih dahulu. Apalagi jika kalian mempunyai aktivitas yang cukup padat. Jadi bisa mempersiapkan segalanya. Apalagi jika tempat yang dikunjungi berada di luar kota tempat kalian berdomisili.

Pastikan Badan Fit

Ini penting sekali, karena berwisata juga membutuhkan biaya dan tenaga. Jika badan fit saat berwisata maka akan lebih menikmati destinasi tujuan kita. Jika dirasa badan kurang sehat sebaiknya ditunda terlebih dahulu ya, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena berwisata di tempat umum, pastinya akan bertemu dengan banyak orang dan membutuhkan imun tubuh yang kuat agar terhindar dari berbagai penyakit menular.

Hindari Saat Musim Hujan atau Rob

Saat musim hujan atau rob (banjir) sebenarnya untuk tujuan wisatanya masih aman. Namun, akses untuk masuk ke tempat wisata biasanya agak terganggu dengan becek dan banjir. Lebih nyaman jika kalian kesini saat akses jalan nyaman, jadi kendaraan juga aman.

Bawa Baju Ganti ya!

Namanya wisata pantai ya kan, apalagi disini disediakan kolam renang khusus dan ada air mancurnya. Biasanya anak-anak lebih suka jika bermain dengan air. Orang dewasa juga sih, hehe.

Pastikan kalian membawa baju ganti yang lebih ya, dan juga tas kresek untuk tempat baju basah setelah berenang. Agar lebih nyaman peralatan mandi juga bawa dari rumah. Tapi jika kalian lupa tenang saja karena beberapa toko menyediakannya, jadi kalian bisa membeli disana.

Beli Makanan yang Pasti

Makanan adalah faktor penunjang kenikmatan saat berwisata ya. Namun pasti jadi bete kalau tidak sesuai ekspektasi. Agar tidak zonk saat membeli cemilan atau makanan saat kesini, kalian bisa memilih makanan yang pasti saja saat kesini.

Seperti makanan instan dan yang tidak cepat basi, sah-sah saja jika ingin mencoba yang lainnya, hehe. Namun, terkadang jika kurang beruntung bisa mendapatkan yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Cek Jam Strategis

Jam buka wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan ini adalah mulai pukul 14.00 - 20.00 WIB. Aku sarankan kalian kesini di awal ya. Agar bisa berenang terlebih dahulu. Setelah itu sore hari bisa menikmati pemandangan pantai deh!

ENJOY!

Usahakan jika sudah berada di tempat wisata kita buang jauh-jauh masalah yang ada sementara. JUST ENJOY! BE HAPPY!

Ayok MakOtak berkunjung ke Pantai Pasir Kencana Pekalongan, dijamin seru banget deh dan enggan untuk pulang, hehe. Terimakasih sudah berkunjung ke blogku ya, semoga bermanfaat dan menginspirasi baik untuk kalian. Ditunggu tulisanku selanjutnya.

Related Posts

14 comments

  1. Bayanganku dengar kata pekalongan ya identiknya batik, ternyata ada wisata pantai juga.
    Jadi bisa nih abis pusing liat batik langsung healing ke pantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iyaa disini banyak wisata pantainya juga. Cus mampir!

      Delete
  2. Pantai di Indonesia memang banyak ya yang dipadukan dengan tradisi budaya yang masih dilestarikan hingga kini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap sudah turun temurun juga jadi tradisi soalnya

      Delete
  3. Pekalongan bukan hanya batik aja ternyata yaa mbak, banyak tempat wisatanya. Kayanya emang lebih seru kesana malem yaaa, romantis bgt hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu sinio mbak ntar tak fotoin kalau aku masih di pekalongan hehe

      Delete
  4. Setelah direnovasi jadi tambah bagus bangunannya ya mbak... beda jauh

    ReplyDelete
  5. Datang ke Pantai Pasir Pekalongan enaknya sore kayaknya ya mba.. cantik banget kalo lampu-lampu sudah menyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kencana siang menjelang sore buat renangnya mbak, nah sorenya buat pepotoan deh lihat matahari tenggelam plus lampu-lampu dah nyala sipp

      Delete
  6. Tips nya sangat membantu untuk yang pertama bepergian ke pantai ini..

    ReplyDelete
  7. wah asyik sekali berwisata ke pantai pekalongan

    ReplyDelete

Post a Comment