imayatiwahidah.com

Yuk! Otak-Atik Template Blog Impianmu


otak-atik template blog impianmu

Apakah kalian punya impian tampilan blog seperti apa saat pertama kali membuat dulu? Ulala akhirnya sampailah juga di materi itu aku MakOtak ! Otak-atik template blog impianmu. Excited tapi tetap sudah ndredeg duluan karena pastinya berhubungan dengan kode-mengkode yang lebih ruwet daripada materi mengubah blog menjadi TLD sebelumnya, hehe. 

Setelah diberi materi kemarin, sempat ku diemin seharian penuh sambil berpikir dan ngawang. Tapi ternyata ya memang hanya satu caranya, P-R-A-K-T-E-K! Udah beneran harus berani kalau nggak dipegang ya nggak selesai. Tentunya karena ada deadline pisan sih.

So, materi tentang otak-atik template blog impianmu ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu otak-atik template dengan sederhana yang pure dari bawaan blogspot dan hari kedua dilanjut memasang template dari pihak ketiga. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan di masing-masing pilihan ya.


Bagus Mana Antara Template Bawaan Blogspot atau Pihak Ketiga?

template blog

Kalau dari materi yang aku dapat dari coach Marita, kata beliau template bawaan blogspot kebanyakan belum SEO friendly, sekaligus belum responsive atau mobile friendly. Bisa di setting mobile, tapi tidak muncul sesuai settingan tema di website. Jadi untuk itulah disarankan memakai template dari pihak ketiga.

Nah, terkait dengan pihak ketiga ini tentunya juga tidak asal pilih ya, tapi harus memilih yang SEO friendly. Ada tiga tempat yang disarankan untuk dipakai dan Insya Allah sudah dites sudah SEO friendly, yaitu :

https://www.blantertheme.com/ - pilih yang Blanter Wisdom

https://www.igniel.com/ - pilih yang Fiksioner

https://gooyaabitemplates.com/ - lebih banyak pilihan.

Lakukan testing terlebih dahulu di seoptimer.com untuk cek blog sendiri juga bisa, tapi untuk SEOptimer akun gratisan hanya bisa cek tiga kali dalam sehari. Seringkali nilai juga bisa berbeda antara blog kita dengan template aslinya ya, itu karena sudah dioptimasi plus jumlah artikel memengaruhi kecepatan blog juga.

Seoptimer

Jeng Jeng! Tibalah saatnya penugasan setelah diberi kedua materi, kali ini tugasnya bisa memilih antara mau otak-atik template blog impianmu langsung dari yang disediakan oleh blogspot atau memakai pihak ketiga. Setelah menimbang dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangannya, aku memutuskan untuk memakai pihak ketiga yaitu fiksioner.

Alasannya terkuatnya karena sepertinya itu yang paling bisa kukejar sampai deadline, hehe. Sebenarnya ingin sih otak-atik template bawaan dari blogspot, tapi masukan dari coach Marita kalau langsung dari sana editnya harus satu-satu, apalagi jika jumlah artikel dan pernak-perniknya sudah banyak. So, bisa jadi sebulanan baru rapih. Mak jreng, hehe. Auto skip dulu deh, ya bisa kapan-kapan boleh dicoba.

Kedua, karena memang template pihak ketiga fiksioner ini direkomendasikan dari banyak kalangan dan kebetulan juga banyak dipakai para coach. Selain tampilannya yang sederhana dan elegan, template ini juga SEO friendly. Bagi blogger pemula jika akan memilih template usahakan yang SEO friendly ya, agar load dan jalannya blog bisa lancar. Tidak semata-mata mengutamakan keunyuan saja. Karena pembaca pasti akan skip blog yang lama loadingnya. Eman kan. Jangan lupa SEO on page dan off page juga dimaksimalkan.


Yuk! Ikuti Aku Pasang Template Blog

pasang template

Disini aku akan menjelaskan terkait dengan pemasangan template blog ala aku ya. Pastinya kalian bisa memilih dan otak-atik template blog impianmu masing-masing. Namun, pastikan pahami kode-kode yang bisa jadi membuat kliyengan. Karena aku juga lumayan kliyengan sih kemarin, hehe. Kayaknya kalau dipikir masih ada yang kurang saja. 

Tapi cukup puas Alhamdulillah, dibandingkan dengan template blog sebelumnya yang kalau dibaca di HP alias gadget kurang sip. Kecil-kecil gitu tulisannya. Nah saat pakai fiksioner ini di PC bagus terbaca dengan jelas, di HP juga sip. Kira-kira seperti ini ya hasil akhir dan perbedaannya.

before after

Gimana? Lumayan ya, iyain aja deh sambil ngemil biskuit roma atau es krim , hehe. Kalau untuk aku pribadi di mata tidak sakit dan tanpa perlu zoom lagi jika dibaca menggunakan HP. Secara jaman sekarang orang lebih nyaman dengan HP yang bisa dipakai multifungsi ya.

Sebelum memasang template yang baru jangan lupa untuk membackup template sebelumnya terlebih dahulu, agar mudah jika ingin kembali ke semula. Karena template yang lama juga rata-rata ada editannya.

backup template

Kembali ke memasang template. Aku mulai stepnya yaitu :

memasang template fiksioner

  1. Download, Extract, pilih file yang xml klik kanan open with notepad.
  2. Copas semua kode yang ada di notepad (ctrl+A) (ctrl+C)
  3. Buka dashboard blogger, ke theme, klik tanda segitiga dibawah customize, pilih yang edit HTML. Hapus semua kode disana dan paste dari kode fiksioner tadi, save.
  4. Tada! Coba di view blognya sudah berubah?
Setelah berhasil memasang template dari pihak ketiga masih ada nih step-step yang harus diikuti, otak-atik template blog impianmu. Tentunya harus sabar, karena aku pribadi karena newbie butuh waktu berhari-hari, hehe. So, yang bisa kalian otak-atik di html fiksioner adalah :
  1. html lang: ubah kode expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:lang='data:blog.locale.language' menjadi lang='ID' xml:lang='ID'
  2. cari kode: <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>, hapus - <data:blog.title/>
  3. hapus <!-- Keyword --> beserta dua baris di bawahnya -- sudah tidak relevan di SEO sekarang
  4. Di bagian <!-- Facebook, Twitter, and Pinterest Meta Tag --> , isi nama akun dan link medsos yang diminta
  5. Gambar thumbnail bisa diubah, buat gambarnya dulu, simpan di draft, isikan linknya di bagian meta content. Nah, untuk bagian ini aku dan rata-rata teman juga cukup butuh waktu lama karena entahlah otak-atik belum berhasil juga, walau sudah diganti masih menjadi misteri, hehe. Ada yang bisa membantu?
  6. Cari kode: <h2> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:title'> <data:title/></a></h2> --- ada 2 kode seperti ini yang akan ditemukan, hapus kode yang kedua.
  7. Cari "feedburner", hapus kode terkait feedburner dari <div class='follow-by-email-inner'> sampai ke </form></div>
Selain itu, kalian bisa otak-atik juga di bagian dashboard blog seperti warna, ukuran, font bisa diedit melalului dashboard. Caranya pilih theme atau tema, klik customize lalu otak-atik disana ya sesuai keinginan. Untuk Banner agar terlihat lebih besar dapat diotak-atik di Layout-Big Ad agar tampilan blog lebih oke. Pokoknya sesuaikan dengan keinginan dan selera kalian masing-masing saja.

Oiya, saat mengcopy atau share tulisan, terutama lewat HP akan ada kode “?m=1” pada URL postingan blog. Hal tersebut dapat memberikan dampak negatif pada blog, terutama di mata mesin pencari seperti Google. Sebab link postingan yang masih terdapat kode tersebut akan terbaca dua kali dengan versi berbeda namun memiliki isi yang sama oleh Webmaster Google. Sehingga dianggap sebagai plagiasi. Untuk mengindari tidak terjadi hal tersebut maka perlu dilakukan perbaikan. Kalian bisa melakukannya dengan mengikuti tutorialnya disini ya.

Apakah aku sudah puas setelah praktek materi ini? Sejujurnya, belum 100% sih. Hehe. Karena ya memang otak-atik template blog impianmu butuh jam terbang dan pastinya waktu. Tapi Alhamdulillah cukup puas untuk seorang newbie sepertiku ini. Yuk kalian praktek juga ya! Terimakasih sudah berkunjung ke blogku , jangan lupa jalan-jalan dulu disini sebelum pamit ya, sehat selalu MakOtak.

Related Posts

6 comments

  1. bener mbak, yang bikin aku suka fiksioner ini selain elegan, tampilannya di versi mobile tetep bagus.. template lain ada yng katanya responsive, tapi versi mobilenya kurang oke

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah banget mbak, gak nyangka kita bisa bersyukur banget bisa ngelakuinnya sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget masih nggak nyangka tapi bisa ya Alhamdulillah

      Delete
  3. Iya mba tampilan fiksioner emang udah friendly banget. Di hp atau pc tampilannya ttp enak dilihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, karena jaman now juga banyak yg buka di hp yak

      Delete

Post a Comment