imayatiwahidah.com

Ceritaku Sat Set Bersama CANVA


ceritaku sat set bersama canva


Bismillah, Qadarullah banget nih MakOtak beberapa waktu terakhir ini badan bener-bener oleng banget huhu. Banyak kerjaan yang akhirnya kepending karena nggak mau memaksakan diri juga, bahaya. Tapi Alhamdulillah banget sih, ada aplikasi andalanku buat membantu beberapa kerjaan. Ini ceritaku sat set bersama CANVA. Btw kalian sudah punya belum di HP masing-masing?

Apa sih CANVA?


apa itu canva


Canva adalah sebuah aplikasi desain grafis online yang diperuntukkan untuk memudahkan kita mendesain grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen, logo, video, dan konten visual lainnya dengan mudah dan bisa dibagikan ke semua orang. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2013 lalu dan sudah lebih dari 60M+ MAUs dengan 7B+ pilihan desain tersebar di 190 negara, 100 bahasa, dan telah merekrut 2000+ karyawan. Keren ya!

Nah canva ini ada dua jenis yakni yang berbayar dan tidak berbayar alias gratis. Bagi kalian yang masih ingin belajar boleh dicoba dulu versi tidak berbayarnya dulu. Menurutku walaupun tidak berbayar tapi tetap bagus banget lho! Walau tetap ya pastinya tetap ada keterbatasannya sana sini dibandingkan dengan yang berbayar.

Nah, produk dari canva ini juga ternyata lumayan banyak jebolannya, yaitu : canva, canva pro, canva for enterprise, dan canva for education. Apa bedanya ya antara keempat hal di atas? Nah, bisa kalian coba satu persatu ya, pastinya ada yang berbayar dan tidak. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Oiya jika kalian ingin meng upgrade canva dari yang tidak berbayar ke yang berbayar pastikan menggunakan cara yang legal ya. Karena ada beberapa oknum yang melakukan hal yang tidak diperbolehkan demi menguntungkan diri sendiri.


Keunggulan CANVA Apa Saja?


keunggulan canva


Melihat statistik perkembangan aplikasi yang diprakarsai oleh Melanie Perkins, Clifford Obrecht, dan Cameron Adams hingga hari ini dengan mudah bisa dilihat jika penggunanya semakin banyak. Bukti tersebut menunjukkan bahwa canva mempunyai manfaat yang banyak peminatnya. Kira-kira apa saja ya keunggulannya?


1. Mudah Digunakan (User Friendly)


Poin user friendly menunjukkan poin tertinggi yang harus dicapai semua aplikasi. Tidak bisa kita pungkiri ya, jika jaman sekarang segala hal hampir bersentuhan dengan dunia digital. Jadi pengguna lebih memilih untuk aplikasi yang benar-benar bermanfaat apalagi jika multifungsi.

Jika pemilihan aplikasi bisa lumayan banyak di laptop atau personal computer, tidak bisa diterapkan di seluruh pengguna HP. Karena masih banyak HP yang memorinya terbatas, jadi hanya bisa memilih beberapa aplikasi pilihan saja.

Canva termasuk menjadi salah satu aplikasi wajib bagi kalian yang aktif di sosial media dan sering membutuhkan desain yang mudah mengeditnya. Walaupun pengguna baru, tidak akan terlalu banyak hambatan dalam menjalankan aplikasinya. Sangat membantu bagi kalian mendesain berbagai kebutuhan di media sosial. Pokoknya mah bisa sat set bersama canva.


2. Murah (Ada yang Tidak Berbayar dan Berbayar)


Sudah tahu ya, kalau canva ini sendiri mempunyai dua tawaran di aplikasinya yaitu berbayar dan tidak berbayar. Pastinya jika yang berbayar memiliki fitur-fitur yang lebih premium dan oke dibandingkan dengan yang tidak berbayar alias gratis.

Nah, untuk yang tidak berbayar alias gratis pastinya sudah otomatis masuk dalam kategori murah ya. Karena hanya perlu install aplikasi dan spare kuota saat menggunakannya. Lalu untuk yang berbayar apakah juga termasuk murah?

Kalau dari pengamatanku di aplikasi sering ada penawaran dari canva untuk upgrade ke yang pro dibandrol dengan harga 75.000 per bulan. Tapi sebelumnya ada 14 hari free trial alias 14 hari bisa mencoba yang pro dengan gratis. Untuk harga tersebut silahkan dibandingkan dengan kebutuhan kalian ya. Pastinya orang yang memilih menggunakan fasilitas yang berbayar mempunyai alasan masing-masing.

Dari beberapa pengalaman teman yang sudah menggunakan canva berbayar katanya benar-benar membantu mereka. Terutama bagi yang memanfaatkan canva untuk pekerjaan. Pastinya pendapatan yang mereka dapatkan lebih banyak dibandingkan dengan biaya berlangganan per bulan, hehe.

Kalau aku pribadi karena hingga saat ini masih menggunakan yang gratis dan merasa yang gratis sudah cukup membantu beberapa pekerjaan walaupun tetap ada beberapa keterbatasan. Jadi ingin mencoba juga nih yang berbayar Insya Allah suatu saat, hehe.


3. Banyak Tutorial


Saat kita mencoba aplikasi baru biasanya membutuhkan beberapa tutorial ya untuk mengaplikasikannya. Nah, karena pengguna canva ini sudah banyak sekali dan tersebar di seluruh dunia gampang sekali mencari tutorial untuk menggunakannya.

Kalian bisa banyak mencari tutorial cara menggunakan canva dari berbagai media yang ada. Tinggal ketik dan klik search ketemu deh. Baik yang berbentuk artikel maupun video sudah banyak bertebaran.


4. Desain Cakep dan Kekinian


Paling suka dengan aplikasi yang tidak monoton alias selalu mengikuti update an yang ada. Karena kita hidup di jaman yang teknologi dan informasinya sangat cepat berkembang jadilah segala sesuatu dituntut untuk cepat.

Termasuk aplikasi canva ini ya, menurutku desain yang ditawarkan selalu berkembang dan tidak hanya itu-itu saja. Dibantu dengan 2000+ karyawan yang ada pastinya membuat canva semakin banyak fitur dan pilihan desainnya. Pokoknya mah cakep-cakep euy dan buat kerjaan sat set bersama canva.


Pengalamanku dengan CANVA


pengalamanku bersama canva



Aku pribadi mulai download dan menggunakan aplikasi ini kira-kira tahun 2019 setelah resign dari kerja kantoran. Awalnya karena iseng aja ingin merawat beberapa media sosial yang aku biarkan begitu lama. Mendapat info dari beberapa teman yang aktif di media sosial kalau canva ini menjadi salah satu andalannya saat akan mendesain.

Pakai canva gratisan atau berbayar nih? Tentu saja yang gratisan hehe. Namanya juga emak-emak. Kalau ada yang gratisan dan resmi alias legal, kenapa tidak dimanfaatkan? Tapi awal aku pakai dulu yang gratisan ini cukup banyak pilihan desain dan elemennya. Tapi semakin kesini semakin banyak desain yang cakep-cakep tapi berbayar huhu. Apakah aku harus mengambil yang berbayar ya, masih menimbang - nimbang juga.

Menurutku aplikasi canva ini sangatlah membantu terutama buat kalian yang aktif di media sosial ya, facebook, instagram, youtube, blog, dan lain sebagainya. Terutama setelah mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan di blogspedia batch 3 ini sih. Karena setiap satu minggu dua kali ada materi dan penugasan.

Tugas yang diberikan hampir 90% membuat artikel dan menaruhnya di blog dengan menerapkan kaidah SEO on page maupun off page. Pastinya orang akan bosan jika hanya melihat sebuah artikel di dalam blog polosan, jadi paling tidak ada beberapa gambar yang mempercantik di dalamnya. Selain itu karena kemarin juga pelatihan benar-benar dari awal membuat blog, tentunya ada tugas mendesain header dan logo juga. Nah, aku sangat terbantu sih dengan adanya canva ini. Fitur yang sering aku gunakan adalah blog banner, instagram post dan story. Karena memang beberapa waktu terakhir ini lebih banyak berkutat dengan Instagram dan blog. Beberapa desain yang kubuat dengan dibantu canva antara lain : logo blog ini, header, blog banner dan lain sebagainya.

logo blog imayatis brain
Logo Blog Imayati's Brain

header blog imayati's brain

Header Blog Imayati's Brain


blog banner

Salah Satu Contoh Blog Banner


Semua desain infografis diatas aku pakai canva ya, dengan beberapa editan sedikit juga. Sangar membantu di saat yang mepet dan butuh kecepatan tapi tetap tidak asal-asalan. Keyword yang kalian inginkan juga bisa dicari dengan mudah di aplikasinya.

Untuk rencana ada keinginan untuk beralih ke yang berbayar sih, namun keputusan belum bulat hehe. Overall, aplikasi yang aku instal dari tahun 2019 ini sangat worth it. Menemaniku dari jaman kegabutan yang hanya ingin otak - atik media sosial sampai ke arah profesional hingga sekarang.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan tinggal edit-edit sedikit saja sudah cling jadi. Meminimalisir keribetan harus desain satu-satu, intinya pokoknya mah bisa sat set bersama canva. Tinggal pilih, jadi deh! Tapi untuk kalian yang ingin mendesainnya dari yang benar-benar polos tetap bisa ya tidak selalu hanya mengandalkan template yang ada.

Demikian MakOtak artikel ceritaku sat set bersama canva, semoga membantu dan bermanfaat ya! Sehat selalu semuanya terimakasih sudah setia mampir ke blogku.

Related Posts

6 comments

Post a Comment