imayatiwahidah.com

Akhirnya, blogku TLD juga! Simak Cara Mudah Memasang TLD



cara mudah memasang tld



Dari awal ikut pelatihan blogspedia batch 3 kemarin aku sudah berangan-angan nih MakOtak , wih ntar aku punya blog yang lebih "resmi" tanpa ada embel-embel blogspotnya. Gimana ya cara mudah memasang TLD? Menunggu dengan tidak sabar, hehe. Alhamdulillah setelah sekitar satu bulanan pelatihan akhirnya blogku resmi TLD juga, yeay!


Tentunya di awal saat pemasangan TLD akupun masih bingung karena memang perdana banget buatnya. Mau memulai deg-degan. Intinya mah kudu sabar, telaten, dan fokus di setiap detailnya. Karena lumayan bertemu kode-kode baru. Oh iya, TLD sendiri adalah Top Level Domain ya. Dengan melakukan custom domain, blog kalian akan memberikan kesan lebih ciamik dan profesional. Selain itu, blog dengan Top Level Domain juga akan lebih mudah terindeks di pencarian google gitu.


Emang apa manfaatnya kalau blog kita lebih mudah terindeks google? Pastinya blog akan semakin mudah juga dikenal banyak orang, siapa tau ada orang yang tertarik dan mengikuti blog kita kan, otomatis akan meningkat pageview dan performa blog juga. Penting sekali, terutama untuk blogger yang terjun di dunia profesional.


Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Cara mudah memasang TLD bagaimana? Hambatan apa saja sih yang aku alami saat pemasangan TLD? Simak yuk MakOtak sampai habis!


Persiapan yang Diperlukan

persiapan yang diperlukan



Sebelum memutuskan untuk mengganti blog dari blogspot ke TLD pastinya ada beberapa persiapan yang diperlukan ya agar tidak bingung saat eksekusi. Nah, setelah persiapan selesai maka kalian akan lebih siap jika mau mengubah dari blogspot ke TLD.

Sudah Ada Blog yang Dibuat


Kebetulan di pelatihan ini semua peserta yang ikut baik yang sudah senior maupun yang junior alias newbie macam aku diharapkan membuat blog dari awal. Pembuatan blog dari awal putih bersih memudahkan sekali, terutama untuk yang sudah lama tidak ngeblog atau mulai belajar ngeblog.

Platform yang diwajibkan adalah blogspot, walaupun ada beberapa pilihan lainnya seperti wordpress misalnya. Namun, di pelatihan ini diseragamkan semua memakai blogspot agar mudah untuk membina setiap pesertanya. Salah satu alasan the big wayku ngeblog adalah tulisan perdana yang menjadi motivasiku agar semangat dan konsisten untuk ngeblog.

Usahakan Sudah Ada Isi dan Aksesorisnya


Sudah dibuat belum blognya? Sudah ya. Oke, lalu kalau sudah punya blog bisa langsung TLD belum nih. Ya sebenarnya bisa, cuma rasanya lebih afdhol kalau blognya dikenali dulu ya MakOtak!

Dikenali gimana maksudnya? Dipelajari fitur-fitur yang ada di dalamnya, dilengkapi isinya, dan aku sarankan tulislah beberapa artikel dulu.

Kalau tiba-tiba sudah TLD tapi belum punya rencana kedepannya eman-eman banget deh kayaknya, hehe. Rencana kedepan seperti apa? Tergantung kalian masing-masing mau dibawa kemana blognya, usahakan jangan sampai mati. Karena pemasangan TLD juga butuh usaha dan uang lho!

Isi blog kalian dengan aksesoris, tidak perlu yang bagaimana. Cukup yang sederhana saja untuk kelengkapan blognya. Seperti profil, logo, header, template. Untuk mengeditnya bisa gunakan canva menjadi salah satu pilihannya. Jika blog sudah terisi dan kalian paham betul cara menggunakannya, cuslah!

Survey


Terkait pemasangan ini banyak juga pilihannya, agar tidak bingung aku sarankan surveylah terlebih dahulu mau pakai TLD yang bagaimana. Banyak sekali pilihan TLD ya. Mulai dari .com, .my.id, .co.id, .edu, dan lain sebagainya. Tergantung pilihan kalian mau dibawa kemana blognya.

Lalu survey membeli TLD mau dimana. Setelah selesai menentukan nama belakang TLD blog kita pastinya sudah siap untuk mengubahnya, belinya dimana ya? Ada beberapa pilihan yang disarankan saat membeli TLD. Bisa dikepoin di salah satu artikel blogspedia tentang cara memasang TLD ini ya! 

Dari materi yang disampaikan ada tiga rekomendasi untuk membeli TLD, yaitu : dewaweb, rumahweb, dan IDCloudHost. Boleh banget kalian survey mana yang lebih mantap di hati dan di kantong masing-masing. Selain ketiga tempat di atas, ada satu tempat lagi yang direkomendasikan oleh para coach saat pelatihan yaitu NH alias Niagahoster. Dan aku memutuskan untuk membeli disana pada akhirnya. Insya Allah dari keempat tempat di atas sudah terpercaya ya, jadi kalian bisa memilih yang mana.

Cuan alias Money 🤑


Pastinya TLD ini berbayar hehe, so siapkan uang terlebih dahulu sebelum membelinya ya. Biasanya ada beberapa pilihan cara membayarnya, bisa dari m-banking, e wallet, dan lain-lain. Kalau saranku sih enak disiapkan pembayarannya yang mudah bagi kalian tanpa ribet keluar.

Berapa sih uang yang harus dikeluarkan untuk membeli TLD ini? Pembayaran biasanya dilakukan per tahun ya, jadi jangan lupa pasang alarm. Uang yang harus dipersiapkan tergantung dari TLD yang kalian inginkan. Mulai dari 12.000 - 145.000 untuk TLD. Silahkan kalian cek ya, mau pakai yang mana.

Bertanyalah!


Sudah tidak asing lagi peribahasa "Malu Bertanya Sesat di Jalan" kan, dari Sekolah Dasar dulu terpatri banget nih. Sama dengan belajar membuat TLD ini, kalau ada yang bingung silahkan bertanya. Tentunya bertanya ke ahlinya, atau langsung aja chat customer service di tempat kalian beli TLD ya!


Eksekusi Membuat Blog TLD


Setelah persiapan selesai dan sudah mantap akan pilihan yang kalian tentukan mari kita eksekusi! Nah, aku pribadi akhirnya memilih cara mudah memasang TLD ini dengan membeli domain yang .com dan di Niagahoster setelah melalui berbagai survey. Menurutku pembuatan di Niagahoster ini cukup mudah dan CSnya fast respon. Walaupun harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal daripada yang lain juga, tetapi aku puas dengan pelayanannya. Caranya bagaimana?

Langkah 1 : Masuk ke Web Niagahoster


tampilan niagahoster


Disini kalian login dulu dengan menggunakan email yang kalian pakai untuk blog yang akan diubah ke TLD dan daftar menjadi member.


Langkah 2 : Cek domain yang kalian inginkan


cek domain


Caranya scroll ke bawah pilih domain dan search domain yang kalian inginkan ya! Disitu akan ada beberapa pilihan domain dan tertera harganya. Nah, cek juga biasanya itu adalah harga promo bisa jadi berbeda dengan harga perpanjangan per tahun. Harga tersebut belum ditambakan PPN 11% dan biaya adminnya. So ceki-ceki dulu ya!

Langkah 3 : Lanjutkan dan Checkout Sekarang


cek domain


Jika sudah mantap maka langsung lanjutkan dan checkout sekarang. Disitu akan tertera beberapa pilihan pembayaran. Kalian bisa memilih yang sesuai dengan keinginan.

Langkah 4 : Cek email


setelah verifikasi


Setelah pembayaran berhasil lalu cek email kalian dan lakukan verifikasi ya, tinggal klik link yang dikirimkan oleh niagahoster ke kalian.

Langkah 5 : Edit blog


Masuk ke blog kalian, settings, custom domain, ketik alamat domain yang telah kalian beli dan klik save. Tenang jangan bingung ya kalau error, memang seperti itu. Pastikan kalian ingat atau copy tulisan merah yang ada di blog kalian. Jangan ditutup ya tabnya.

Langkah 6 : Kembali ke Member Area Niagahoster


custom blog berhasil


Silahkan kalian lakukan kelola domain dan ikuti arahan yang ada disini ya, ikuti petunjuknya secara seksama satu persatu. Jika ada kendala kalian bisa langsung chat CSnya, pengalamanku pribadi dan beberapa teman CS disini ramah dan fast respon kok.

Langkah 7 : Cek blog


Setelah berhasil menyetting semua di member area niagahoster dan blog, kalian tinggal menunggu ya. Tenang dan sabar, karena butuh waktu untuk mengubah dari blogspot ke TLD. Ada yang hanya beberapa menit sampai 1X24 jam.

Jika sampai 1X24 jam belum berhasil kalian bisa melakukan komplain ke CSnya. Kalau aku pribadi kemarin menunggu sekitar 10-15 menit sudah berhasil. Bisa kalian tinggal dulu makan sate kambing atau sekedar ngemil sari roma gandum sandwich misalnya, hehe. Selamat mencoba!



Hambatan


hambatan



Sebagai seorang pemula yang mengikuti pelatihan intens pembuatan dan pengelolaan blog ini, terutama untuk memasang TLD ada beberapa hambatan yang aku hadapi.

Newbie


Hambatan pertama ya karena aku seorang newbie. Walaupun bukan yang pertama kalinya membuat blog, tapi benar dulu cuma asal-asalan jadi ilmunya ngambang. Disini mulai belajar dari awal lagi.

Biasalah sebagai pemula pasti banyak bingungnya, sering grusa-grusu, kadang ingin menyerah saja tapi eman-eman, hehe. Gitu deh, Alhamdulillah ada teman-teman di WAG yang memotivasi dan beberapa coach yang dengan sukarela membantu di setiap waktu.

Kondisi Fisik


Sedih sebenarnya karena seperti yang kalian ketahui beberapa waktu ini kondisi badanku kurang fit banget. Lumayan menghambat karena membuat aku agak lambat mengerjakan pekerjaan dan ikut pelatihan. Sudah mulai mendingan tetapi masih belum segar bugar seperti biasanya

Jadi saat mengerjakan TLD ini juga sambil menahan mual dan muntah hehe, tapi pikiran masih semangat untuk berjuang. Alhamdulillah tugas kali ini deadlinenya juga agak panjang, jadi bisa dengan agak tenang walaupun kalau belum selesai selalu kepikiran pisan.

Waktu


Sudah menikah dan mempunyai anak serta beberapa pekerjaan yang menunggu membuatku harus bisa mengatur waktu. Kalau sudah punya keluarga seperti ini ya memang mau tidak mau waktu akan semakin terbagi ya.

Untuk itu, biasanya aku sempatkan mengerjakan TLD ini kemarin nyicil setelah sholat subuh. Saat anak masih tidur dan suami belum berangkat ke kantor. Waktu yang kuperlukan total dari awal membaca petunjuk sampai berhasil membuat TLD dari imayatiwahidah.blogspot.com ke www.imayatiwahidah.com sekitar dua jam. Tentunya setiap orang tidak sama ya.

Minim Fasilitas Penunjang


Nah ini dia, kok pas banget waktunya pasang TLD wifi di rumah agak tidak mendukung kemarin qadarullah, hehe. Tapi Alhamdulillah masih bisa sih diselamatkan pakai paket data. Lalu ditambah laptopku belum kubawa, masih di kampung halaman jadi mengandalkan laptop suami deh, dan harus menunggu malam banget saat beliau pulang atau subuh gitu. Pakai HP bisa tidak untuk memasang TLD? Bisa tapi kecil-kecil tulisannya dan pastinya butuh waktu juga.


Alhamdulillah, setelah kurang lebih berkutat selama 2 jam di depan laptop akhirnya, blogku resmi TLD juga! Aku yakin sih kalau sudah coba sendiri nantinya akan lebih mudah jika akan membuat blog baru. Cara mudah memasang TLD bisa kalian praktekkan secara mandiri. Terimakasih atas kunjungannya ke blogku ya! Nantikan tulisan-tulisanku berikutnya.

Related Posts

10 comments

  1. Sama mba aku juga laptopnya rusak jadi pakai punya suami deh, harus gantian 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk aku sih nggak rusah mbak tapi nggak tak bawa pas pindahan, hehe. Akhirnya gantian deh

      Delete
  2. Waah, mantaap.. Makasih mbak ulasannya. Jelas dan mudah diikuti 😊

    ReplyDelete
  3. Semangat mbak dan semoga lekas sehat kembali. Ya begitulah kita emak² harus pintar nyuri waktu

    ReplyDelete
  4. Salut sama perjuangan mu mbak..Aq juga gtu ngerjain tugas nyicil di malam hari disaat semua pada tidur. Nga enak klo pegang laptop trus

    ReplyDelete
  5. semangat terusss, selamat atas TLDnya ...

    ReplyDelete

Post a Comment