imayatiwahidah.com

Persona dan Empathy Map MakOtak


persona dan empathy map makotak

So setelah tugas yang keenam dari pelatihan blogspedia batch 3 langsung malamnya sudah ready untuk tugas ketujuh. Cukup memutar otak karena harus mengawang, maklum blog baru lahir dan cuma 2 biji tulisan sementara ini, hehe. Tugasnya membuat deskripsi tentang gambaran pembaca setia di blog masing-masing dan diceritakan dalam bentuk sosok, seperti gender nya apa, pekerjaan, sifat, dan lain-lain sebutan kerennya itu rangkuman persona dan juga empathy map. Apa ya? Bingung pisan euy. Pembaca setia blog Inside Imayati's Brain kira-kira siapa ya? Mencoba untuk mengawang dan menganalisa nantinya mau dibawa kemana blog ini? Kembali membaca tulisan The Big Why Ngeblog nih akhirnya. Mari ikuti kisahnya MakOtak ya jeng jeng!


Persona MakOtak


gambaran persona makotak


Sementara ini yang banyak berkunjung di blogku ya rata-rata teman-teman satu angkatan pelatihan di blogspedia batch 3 beserta para coachnya. Namun, kedepannya gambaran pembaca setia blog ini Insya Allah dari kalangan emak-emak sih. Namun, bisa jadi juga dari para bapak, gadis seperti Husna Roina misalnya, maupun jejaka.


Kalau dilihat dari interaksi sosial mediaku sekarang, untuk bonding dan interaksi kuat saat aku unggah foto atau video sebagian besar masih teman-teman, mulai jaman SMP sampai kuliah. Rata-rata sudah berkeluarga, walaupun ada juga yang belum. Hmm mari buat gambaran personanya!

Nama Persona


Karena blogku namanya Inside Imayati's Brain dan aku merupakan seorang emak serta sebagian besar gambaran pembacaku adalah juga emak-emak maka kunamakan dia MakOtak. Halo MakOtak!

Visualisasi MakOtak


Sebagian besar kebetulan teman-teman di sekitarku muslim dan memakai kerudung, tidak berkacamata, suka pakai rok, bertubuh sedikit berisi, tinggi 155 cm, dan sering tersenyum karena ramah kepada sekitar.

Deskripsi


Seorang MakOtak identitasnya adalah :

Usia = 29 tahun

Domisili = Bekasi, Jawa Barat

Latar belakang pendidikan = S1

Pekerjaan = PNS

Status = Menikah

Gaya hidup = sederhana menengah, rajin memasak dan membawakan anaknya bekal, tapi dia rata-rata makan siang di kantin kantor. Sesekali di restoran dengan temannya atau saat ada acara khusus. Baju dan aksesorisnya cukup bagus, ada beberapa yang bermerk dan tidak. Pengeluaran per bulannya 2.500.000 - 3.000.000. Punya usaha lain disamping dari pekerjaan PNSnya, semangat dalam memperoleh tambahan penghasilan.

Value atau prinsip yang dimiliki = seorang muslimah yang taat, tidak suka mencampuri urusan orang lain jika tidak dimintai nasehat oleh yang bersangkutan, rajin sedekah berbagi terhadap sesama, ingin tetap punya torehan prestasi tapi tidak ingin yang terlalu tinggi.

Hobi = berdagang, jalan-jalan, kulineran, mengutak-atik sosial media.

Sosial media yang digunakan = WhatsApp, Instagram, Tiktok, Youtube, dan Twitter.

Tujuan Hidup MakOtak


Senantiasa bermanfaat bagi orang lain di sekitarnya, berbahagia dengan keluarga kecilnya. Berusaha untuk tidak menyakiti perasaan orang lain. Punya prestasi dan eksistensi sendiri. Cita-citanya berkumpul di dunia dan di surga bersama keluarga tercinta.

Makna sukses bagi MakOtak adalah menjadi tinggi tanpa menjatuhkan orang lain. Saling bekerjasama untuk membuat keluarga bahagia.

Tantangan atau masalah yang dihadapi adalah sifat yang perfeksionis, ingin segalanya sesuai rencana padahal namanya hidup kan nggak selalu sesuai keinginan ya kan? Perasaan MakOtak juga sensitif sehingga apabila dalam keadaan yang kurang oke gampang tersinggung.

Perilaku MakOtak


Yah, namanya seorang emak pasti ada masa dimana capek fisik dan mental yang menjadikannya lebih sensitif dan cepat tersinggung dengan perkataan orang lain. Namun, disisi lain dia berusaha untuk memperbaiki diri dan memahami orang lain juga. Sifat semangat dalam belajar menjadikannya cukup mudah untuk adaptasi di suasana baru.

Beberapa kali merasa insecure apa sudah menjadi seorang istri dan ibu yang baik untuk keluarganya. Apakah salah jika dia bekerja. Dan lain sebagainya. Namun, disisi lain dia juga ingin mempunyai eksistensi dan prestasi untuk kebahagiaannya. Galau saat dihadapkan dengan rengekan anak dan deadline kerjaan.

Tapi pada akhirnya, MakOtak tetap berusaha untuk berlaku seimbang antara keduanya.

Obrolan MakOtak


Gimana ya? Apa aku di rumah aja? Tapi aku suka dan bahagia dengan pekerjaanku sekarang, susah pula dapatnya.


Bisa kan, aku pasti bisa kan? Kita diberi amanah ini karena kita kuat dan mampu menjalaninya dengan baik, semangat!


MasyaAllah akhirnya bisa juga dan selesai, Alhamdulillah


Yok bisa yok! Semangat dikit lagi sampai nih!


Masak apa ya hari ini buat bekal si kecil? Mau beli buku baru ada rekomendasi apa ya?


Jalan-jalan kemana ya untuk weekend ini? Ada rekomendasi nggak?


Begitulah gambaran persona MakOtak yang nantinya semoga bisa dicari di blogku ini. Semangat terus ya MakOtak!


Empathy Map Terhadap MakOtak


empathy map makotak



Berikutnya kita akan membahas terhadap pemetaan terhadap MakOtak, here we go dalam MakOtak empathy map.


Pola Pikir dan Perasaan MakOtak


MakOtak adalah orang yang mempunyai tekad yang kuat dengan mimpinya, ramah dan suka membantu sesama. Kerja keras dan kegigihannya patut diapresiasi.


Namun disisi lain, ada kalanya MakOtak juga merasa ingin menyerah jika sudah lelah. Maka dari itu, dia mencoba bangkit dan menemukan semangatnya kembali.


Penglihatan MakOtak


Lingkungan yang ada di sekitar MakOtak seperti pada umumnya, suami, anak, orang tua, mertua, saudara, tetangga sekitar, dan teman kantornya. Ada juga beberapa sahabat yang masih berkontak rutin dengannya.


Semakin dewasa dia, circle yang membuatnya nyaman semakin menciut, apakah kalian juga sama seperti MakOtak?


Keseharian MakOtak


Seperti seorang working mom pada umumnya, bangun tidur menyiapkan kebutuhan keluarga, berangkat kerja, pulang jemput anak dari sekolah, sore bersih-bersih rumah, malam istirahat.


Jadwal jalan-jalan dan kulineran bersama keluarga dijadwalkan setiap akhir pekan. Oya, MakOtak juga punya ART di rumah tapi hanya datang 2-3 kali seminggu untuk membantunya, tidak menginap.


Impian MakOtak


Punya bisnis yang oke di samping kerja PNSnya untuk bekal di hari dia pensiun tidak membebani siapapun dan berusaha tidak menuntut apapun ke anak. Memberikan ruang untuk anak berkembang secara mandiri setelah dibekali oleh ilmu agama yang kuat


Punya lahan untuk sedekah jariyah agar bisa terus mengalir saat MakOtak sudah tiada. Aamiin

Permasalahan MakOtak


Seperti yang sudah kujelaskan bahwa MakOtak bukanlah orang yang ingin punya jabatan yang tinggi sekali, namun dia tetap ingin mempunyai eksistensi dan prestasi. Disisi lain, jika sudah lelah dia akan mudah untuk insecure dan butuh waktu untuk bangkit lagi.


Maka dari itu, MakOtak selalu berusaha untuk mencari circle yang kondusif bagi iman dan kewarasannya.


Pendengaran MakOtak


MakOtak dikenal sebagai pribadi yang ramah dan suka membantu oleh lingkungan sekitar. Mereka membatasi diri karena paham bahwa jika sedang dalam kondisi yang tidak prima MakOtak mudah tersinggung


Kegemaran MakOtak adalah rutin mendengarkan ceramah islami, membaca webtoon, menonton saluran korea, dan youtube.


Alhamdulillah selesai juga membahas gambaran persona dan empathy map MakOtak. Semoga kedepannya blogku ini bisa membantu atau sekedar menjadi hiburan MakOtak dikala jenuh dan lelah. Kita bisa yok semangat ya MakOtak!


Related Posts

16 comments

  1. sumpah ngakak mak, awalnya bingung makotak apaan ternyata gabungan dari mak otak alias brain ya, aku udah mikirnya otak-otak yummy yummy

    ReplyDelete
  2. Aku pas denger sapaan akrab MakOtak langsung kepikiran puisi dan pantun, karena ak ak nya. Wah anti mainstream bener panggilanya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak wangsitnya muncul begitu saja, wkwkwk

      Delete
  3. Sama banget, nih, di tugas 4C itu banyak melamunnya, bingung mau nulis apa. Namun, alhamdulillah, setelah dicoba bisa beres juga, ya. Btw, unik deh panggilan buat pembaca blog ini, MakOtak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sempet ngelamun seharian, Alhamdulillah yaa mangat!

      Delete
  4. Lucu banget bahasanya...ga kerasa sampe akhir padahal bahasannya serius looh

    ReplyDelete
  5. Hai makotak. Salam dari makanda, (emak anak dua) 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo makanda mari kita tetap waras dalam mengurus keluarga wkwk

      Delete
  6. Apakah saya termasuk makotak? hihihihi pemilihan nama yang unik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi I hope so jangan bosen yah baca cuap cuapku

      Delete
  7. sekilas aku bacanya Mak Okta haha maap ya mbak asa ke-geeran. Namanya unik dan lucu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Its okee nggak papa pokok kudu baca blogku trus wkwkwk

      Delete
  8. Namanya unik banget mbk, anti mainstream. Bisa jadi ciri khas banget ni mbk😂

    ReplyDelete

Post a Comment