imayatiwahidah.com

Manfaat SEO on Page


manfaat seo on page


Akhirnya bertemu kembali ya MakOtak setelah minggu kemarin tugasnya mengisi page About. Aku mau cerita, ternyata beberapa peserta pelatihan blogspedia batch 3 sudah mengantongi pengalaman yang cukup kece sebagai seorang blogger. Nah, waktu itu beberapa peserta sebelum masuk materi ini sempat berbincang terkait manfaat SEO on page, kayaknya seru bahasannya.

Aku yang cupu di dalam dunia per-blogger-an cuma bengong doang wkwk. Apa pula itu SEO? Apakah ada keterkaitan dengan CEO pemilik perusahaan? Hehe.

So, Alhamdulillah akhirnya sampai juga dapat materi basic SEO dari coach Marita. Barulah melek ini mata aku yang awalnya menerawang jauh. Ternyata memang banyak sekali ilmu tentang SEO. Namun kali ini aku akan fokus ke manfaat SEO on Page ya. Karena ada 2 jenis SEO, yaitu SEO on page dan off page.

Tugas artikel kali ini berfokus ke manfaat SEO on page. Apa saja? Mari kita bahas ya di blogku!

Apa sih SEO itu?


apa itu seo

Pengertian


Biar nggak bingung kita masuk ke pengertian dulu ya, sekalian buat catatanku belajar blog juga selama pelatihan. SEO adalah Search Engine Optimization.

Secara sederhananya adalah mesin pencari blog kita. Bagaimana cara tulisan kita di blog bisa ditemukan oleh pengguna mesin pencari (pembaca) secara mudah.

Jadi tulisan kita bisa ditemukan oleh banyak pembaca sehingga page viewnya besar jika SEOnya tepat. Namun mendapatkan traffic di blog kita itu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Maka dari itu belajar SEO ini perlu update terus-menerus secara berkala.

Jenis-jenis SEO


SEO ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. SEO on Page : elemen-elemen yang berkaitan langsung dengan website kita. Meliputi; kualitas konten, struktur konten, kecepatan halaman serta internal link. Singkatnya adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan website kita dari dalam. Nah, untuk memantau seberapa kuatkah atau seberapa berkualitasnya Onpage SEO pada blog kita, kita perlu belajar mengulik Google Search Console dan Google Analytic.
  2. SEO off Page : penguatan elemen SEO di luar blog yang kita kelola. Seringkali dihubungkan dengan istilah Link Building.

Mengenal Kaidah-kaidah SEO on Page


mengenal kaidah-kaidah seo

Dari materi yang diberikan oleh coach Marita tentang tips dan parameter SEO on Page ada 13+ , yaitu :

1. Judul

Pemilihan judul yang dibuat beri sisipan keyword nya ya. Untuk panjang 55-60 karakter.

2. Permalink

Permalink ini adalah alamat dari artikel yang kita tulis. Pastinya harus disisipkan juga keyword. Ukuran permalink yang baik tidak lebih dari 75 karakter.

3. Deskripsi

Dalam penulisan meta deskripsi keyword juga harus dimasukkan, maksimal meta deskripsi adalah 155 karakter.

4. Paragraf Pertama

Peran paragraf pertama ini juga sangat penting, masukkan keyword di antara 150 karakter paragraf 1.

5. Stop Cara Jadul Penulisan Keyword

TIdak perlu memberikan bold/cetak miring dalam setiap keyword yang ditulis.

6. Paragraf Akhir

Jangan lupa juga keyword begitu penting dimasukkan juga pada akhir paragraf ya.

7. Jumlah Kata

Dari pengalaman coach Marita dijelaskan bahwa untuk jumlah kata ideal tergantung dengan saingan. Jadi mungkin bisa riset terlebih dahulu.

Jika artikel saingan kita ada 1000-2000 kata. Maka buat artikel yang lebih panjang atau minimal nilai mediannya.

8. Optimalkan Paragraf

Karena jaman sekarang banyak yang pakai hp juga ya, usahakan 1 paragraf tidak terlalu panjang. Cukup 2 kalimat. Singkat, padat, dan jelas. Agar yang membaca juga matanya tidak capek.

9. Heading

Heading ini adalah judul, jadi ada Judul utama, sub judul. Harus urut dan pastinya harus ada keywordnya. Cukup satu di setiap heading tidak masalah. Misalnya keyword tulisan ini adalah manfaat seo on page. Maka minimal empat kata itu muncul sekali dalam setiap heading.

10. Optimasi Gambar

Adanya gambar pastinya di dalam blog pasti lebih menarik kan ya, daripada hanya sekedar tulisan saja. Cara optimasi gambar ini bisa dibaca detail di salah satu artikelnya blogspedia Optimasi SEO pada gambar.

11. Link Pada Artikel

Ada 2 jenis link pada artikel. Internal link : link yang diambil dari blog kita sendiri, yang kedua Eksternal link : link yang diambil di luar blog kita. Perbandingan idealnya 3:1. Harus lebih banyak internal linknya.

12. Gunakan LSI Keyword

Adalah padanan kata atau sinonim dari keyword kita yang sudah diketahui secara umum oleh pembaca.

13. Share di Media Sosial

Bagikan link di media sosial yang kita punya agar banyak pula yang aware dengan adanya tulisan kita di blog.

14. Lakukan Inspect URL

Pastikan untuk selalu inspect URL setiap kita menerbitkan artikel baru ataupun melakukan editing di artikel-artikel lama.


Apa Kesimpulannya?


Nah, sudah bisa mengambil kesimpulan belum nih apa saja manfaat dari SEO on page? Bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut ini :

1. Membuat Traffic Meningkat Secara Organik

Jika SEO on page yang kita pakai tepat maka peluang untuk peningkatan trafficnya juga tinggi. orang akan dengan mudah menemukannya dan secara otomatis membacanya.

2. Membuat Blog Kita Mempunyai Ruh dan Ciri Khas Tersendiri (Unik)

Sesuatu yang mempunyai ciri khas yang unik, biasanya lebih menyedot banyak perhatian orang kan. Begitu pula dengan blog, dengan adanya SEO on page yang punya keunikan bisa dikatakan mempunyai value yang tinggi pula.

3. Eye Catching

Bagiku pribadi poin ini adalah hal yang krusial, karena sebagai pecinta hp alias semua hal sebagian besar aku kerjakan dari situ. Penampilan yang cantik menjadi salah satu poin utama.

Manfaat adanya SEO on page pada blog pastinya berdampak pada kerapihan blog. Siapa sih yang tidak tertarik dengan tampilan yang eye catching?

4. Menghemat Waktu

Karena SEO on page ini bisa dengan mudah kita kontrol sebagai pemilik blog. Selain itu karena sudah ada fasilitasnya, tinggal kita ikuti saja.

Walaupun tetap harus selalu belajar banyak ya. Karena ya susah-susah gampang. Hehe

5. Bermanfaat untuk Orang Lain

Mengikuti kaidah SEO on page dengan baik dan benar dengan tetap memikirkan kebermanfaatannya isinya ya. Karena sesuatu yang bermanfaat maka pahalanya akan terus-menerus mengalir.

Pastikan apa yang kita tulis dapat menjawab pertanyaan atau membantu orang lain. Dengan sharing pengalaman mungkin, tidak harus topik yang berat terus-menerus.


Demikian artikel tentang manfaat SEO on page. Semoga bermanfaat. InsyaAllah nanti aku buatkan juga kelanjutan yang off page. Ingatkan ya! Buat bahan belajarku juga, hehe. Sepertinya semakin kesini aku juga harus mengedit The Big Why Ngeblogku juga nih, hehe. Semoga Allah mudahkan dan bermanfaat buat kalian. Semangat!


Related Posts

2 comments

  1. Ternyata memang bener ya mba blog bisa jadi catatan pribadi sekaligus menebar manfaat. Artikel ini bisa jd pengingat kelak kalo lupa sama materi ya mba.

    ReplyDelete

Post a Comment