imayatiwahidah.com

Heboh! Boikot AICE, Kenali Bahaya Mengkonsumsi Es Krim

heboh aice kenali bahaya mengkonsumsi es krim


Es Krim, siapa yang tidak menyukai makanan satu ini. Selain rasanya yang enak, juga memberikan sensasi dingin dengan berbagai pilihan macam varian rasa. Apalagi jika harganya murah meriah. Seperti salah satu merek es krim dari Singapura ini, AICE. 

Jangan ditanya banyak sekali penggemarnya mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua kalangan menyukainya. Namun, tetap tidak disarankan berlebihan mengkonsumsi nya ya. Kenali apa saja bahaya mengkonsumsi Es Krim jika berlebihan. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Beberapa berita trending baik dan kurang sedap tentang AICE pun beberapa kali kita dengar dari semenjak peluncurannya di Indonesia. Awal mula kemunculannya dulu di tahun 2015 langsung menggaet pecinta es krim masyarakat Indonesia karena harganya yang murah meriah dan enak. Mendapatkan beberapa penghargaan juga berkat prestasinya yang cukup signifikan.


Namun, berita kurang sedap pun tidak jarang menghampirinya. Mulai dari isu kesejahteraan buruhnya hingga trending tagar boikot aice karena dipertanyakan higienitasnya. Hmm, es krim AICE varian apa nih favorit kalian?


Seperti yang sudah kita ketahui ya bahwa prinsip keseimbangan sangatlah penting dalam hal apapun, termasuk menjaga kesehatan. Mengkonsumsi es krim secara berlebihan dapat meningkatkan resiko bahaya berbagai macam penyakit. Apa saja resikonya mari kita bahas. Oiya, jangan lupa kunjungi aboutku ya supaya kita lebih dekat, hehe


Sesuatu apapun itu haruslah seimbang ya, karena hal yang berlebihan itu tidak baik, termasuk makan makananan satu ini. Es krim. Tidak ada masalah sesekali kita mengkonsumsinya, asalkan sudah kita cek betul ya bahwa merek tersebut sudah mendapatkan ijin BPOM dan Halal MUI untuk umat muslim. Nah, apa sajakah bahaya mengkonsumsi es krim berlebihan ini?


1. Kekurangan Nutrisi Tubuh


kekurangan nutrisi tubuh


Pernah nggak setelah makan es krim rasanya jadi malas makan yang lain? Atau kalian tipe pantang makan es krim sebelum makan makanan utama?

Hmm, selain menjadikannya sebagai dessert terkadang ada beberapa orang yang lebih memilih untuk makan es krim saja jika malas makan. Biasanya sering terjadi kepada anak-anak yang cenderung suka makan makanan yang manis.

Jika sudah merasa kenyang setelah makan cemilan maka mereka akan malas untuk makan makanan utama. Padahal usia mereka masih sangat membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Tidak terkecuali juga untuk orang dewasa ya, nutrisi yang baik juga tetap sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh masing-masing. Menjaga saat muda akan dipetik saat usia lanjut nanti.


2. Resiko Obesitas atau Kegemukan


resiko obesitas atau kegemukan


Sudah tidak asing lagi ya, jika es krim merupakan salah satu makanan yang mengandung gula tinggi. Jika memakannya berlebihan akan beresiko untuk meningkatkan lemak yang ada di tubuh kita.

Jika berat badan masuk dapat kategori obesitas akan beresiko juga terkena penyakit berbahaya lainnya.


3. Resiko Sakit Gigi


resiko sakit gigi


Es krim umumnya dikonsumsi dengan keadaan yang dingin menggigit ya dan rasanya yang manis berisiko untuk membuat sakit gigi. Terutama yang mempunyai riwayat gigi sensitif.

Biasanya sensasi ngilu dirasakan saat mengkonsumsinya. Ada sebagian orang yang lebih suka mengkonsumsi es krim dengan dikunyah. Sehingga langsung menempel di gigi. Sebagian orang saat mengkonsumsi es krim pakai lidah jadi tidak menempel langsung di gigi.

Namun tetap saja resiko terkena sakit gigi ada karena kandungan gula yang ada di dalam es krim dan suhu yang cukup ekstrim dapat meningkatkan resiko terjadinya sakit gigi.


4. Resiko Sakit Jantung


resiko sakit jantung


Sebagian besar komposisi es krim ini terdiri dari produk-produk olahan susu. Dimana mengandung lemak yang cukup tinggi. Lemak tetap dibutuhkan ya oleh tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan tetap tidak disarankan ya.

Penumpukan lemak yang berlebihan dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena penyakit berbahaya, yaitu penyakit jantung. Salah satu penyakit degeneratif.

Penyakit degeneratif ini tidak menular, namun sangat banyak kasusnya karena pola hidup yang tidak seimbang.


5. Mengganggu Kerja Otak


mengganggu kerja otak


Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang selalu ON 24 jam sehari. Maka, asupan yang diberikan juga harus dijaga agar kualitasnya selalu terjaga. Makan makanan yang berkualitas mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan dapat mencegah terjadinya kerusakan sel pada otak.

Wah, apakah es krim separah itu ya sampai mengganggu kerja otak? Iya jika kita mengkonsumsinya berlebihan. Menurut Elva MD, dari Harvard Medical School menyatakan kandungan olahan gula yang tinggi di dalam es krim dapat mengganggu kerja otak sehingga memperparah depresi.

Karena salah satu hal yang dapat merusaknya adalah mengkonsumsi olahan makanan yang mengandung gula tinggi maka ada baiknya kita batasi ya untuk mengkonsumsinya. Tidak hanya es krim saja tentunya makanan lain yang mengandung gula tinggi juga.


Pecinta es krim tak perlu khawatir jika tidak mengkonsumsinya secara berlebihan ya, karena makan sekali-kali juga sebenarnya tidak masalah. Selain itu, bisa diakali dengan membuat es krim secara mandiri dengan buah-buahan asli di rumah.


Pasti seru membuat sendiri di rumah untuk keluarga, selain lebih hemat kandungan gula asli dari buah bagus untuk tubuh. Tentunya jangan berlebihan, karena semuanya butuh keseimbangan.


Sehat selalu ya semuanya! Jangan lupa makan sayur dan buah serta perbanyak aktivitas fisik, baik di rumah ataupun di tempat kerja. Keep healthy and happy everyone. Jangan lupa ikuti terus ya tulisan di blogku.


Jadi bagaimana MakOtak? Tetap menjadi penggemar es krim atau tidak nih, sah-sah saja kok. Aku pun juga salah satu penggemar makanan enak satu ini, hehe. Namun tetap dijaga porsinya ya agar tetap sehat. Jangan sampai terkena bahaya mengkonsumsi es krim jika berlebihan.

Related Posts

16 comments

  1. es krim aice ini sebenernya rasa-rasanya enak, tapi kadang bikin sakit tenggorokan :D

    ReplyDelete
  2. masih tetap makan es krim tetapi agak dikurangi mba,mungkin itu rencana dari saya..trimaksih sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. kalo ngomongin es krim bawaannya pengen ngicip. tapi Alhamdulillah udah berapa waktu ini udah ngga minum es krim lagi.

    ReplyDelete
  4. Aice ini es favoritku dulu. Tp skrng jd ngga suka es krim. Entah knpa kalo makan es krim malah enek

    ReplyDelete
  5. Varian es krim Aice ini memang murah-murah, ada di deket rumah pula. Jadinya peer banget buat membatasi anak sulung yang doyan es krim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget bun tidak apa-apa asalkan tidak berlebihan

      Delete
  6. bener banget mba kalo sudah makan es krim mesti jadi nggak nafsu buat makan yang lain...

    ReplyDelete
  7. Aku pernah coba es krim ini enak murah lagi. Bikin nagih tapi kalo kebanyakan suka sakit tenggorokan mbk 🙈 tapi ada banyak juga ya bahaya dari makan es krim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget mbak emang murce marice yaa tapi kalau kebanyakan juga tidak baik

      Delete
  8. selama konsumsi tidak berlebihan amankan ya kak

    ReplyDelete

Post a Comment