imayatiwahidah.com

Bergerak Mengukir Prestasi Sejak Dini - Husna Roina Dibalik Layar Blog Lauvista


Bergerak Mengukir Prestasi Sejak Dini Husna Roina Dibalik Layar Blog Lauvista


Tulisan ini dibuat untuk tugas pelatihan Blogspedia Batch 3. Nggak nyangka sudah dapat tugas ke enam aja, dan BOOM! Selalu bikin kejutan deg deg ser seminggu dua kali, hehe. Kejutan materinya juga nggak kaleng-kaleng pokoknya keren!

Nah, kali ini tugasnya adalah mencari partner untuk saling kenal, melakukan wawancara,

dan menulis profilnya. Wah, belum ada yang kenal sama sekali rasanya walau sudah perkenalan satu-satu tapi hanya formalitas di WAG. Singkat cerita dapatlah partner dari salah satu peserta blogspedia.


MasyaAllah banget, ternyata aku berkenalan dengan salah satu gadis muda yang energik dan berprestasi lho! Penasaran? Tak kenal maka ayo donk kenalan. Here we go!


Selayang Pandang Husna Roina


Selayang Pandang dan Kesibukan Husna Roina


Bergerak Mengukir Prestasi Sejak Dini - Husna Roina Dibalik Layar Blog Lauvista. Gadis manis ini merupakan anak pertama dari dua saudara yang lahir dan besar di Palembang. Tercatat sebagai mahasiswa S1 jurusan Ilmu Perpustakaan. Kecintaannya pada buku pun sudah tertanam sejak kecil hingga membuatnya memilih jurusan itu.


Saat kecil, buku sudah menjadi santapan favoritnya setiap hari. Bermula dari jatuh cinta pada majalah bobo membuatnya menggilai dunia tulis menulis.


Semakin lama tidak hanya majalah bobo yang menjadi favoritnya, tapi buku bacaan yang lainnya juga. Akhirnya semakin banyak koleksi buku Husna.


Karya yang sering dibuat Husna saat kecil adalah menulis puisi. Keunikan seni pada sastra membuatnya menyukai hal-hal syair seperti puisi. Mulai aktif menulis blog sudah cukup lama. Sebelum di blogspot Husna sempat menulis blog juga di wordpress. Isinya sebagian tentang ulasan tentang review buku-buku yang sudah dibacanya.


Kalau untuk menulis blog di blogspot sudah hampir satu tahun ini. Teman-teman yang ingin berkunjung ke blog Husna Roina bisa langsung berkunjung ke lauvista ya! InsyaAllah tidak sia-sia dan banyak manfaatnya.


Kesibukan dan Kegiatan Husna Roina


Saat ini Husna masih tercatat sebagai salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan. Alhamdulillah sudah sidang dan lulus, sehingga masih menunggu wisuda dan penyerahan ijazah.


Waktu luangnya saat ini diisi dengan menulis dan berjualan online di marketplace. Jadi ingat diri sendiri juga, dulu setelah sidang bingung mau ngapain akhirnya jualan online juga.


Otak memang seperti pisau ya, semakin diasah maka akan semakin tajam juga. Melihat anak muda yang semangat untuk beraktivitas positif begini mengingatkanku dengan salah satu ayat Al-Quran Surat Al-Insyirah.


"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain" [QS Al Insyirah Ayat 7]


Ayat di atas mengajarkan kepada kita untuk selalu bekerja keras dalam menyelesaikan pekerjaan dan sungguh-sungguh. So, mari tetap semangat untuk mencari kesibukan yang positif.


Kembali lagi ke bahasan tentang tulis menulisnya Husna. Alasan terbesar yang ditulis Husna untuk terus merawat blognya adalah :


Melatih keterampilan menulisnya, seperti halnya pisau. Jika sering diasah maka pisau akan selalu tajam dan begitu pula sebaliknya;


1. Menyalurkan hobi menulis;

2. Tempat bercerita;

3. Berbagi manfaat kepada sekitar;

4. Mendapatkan penghasilan tambahan.


Selain itu, Husna juga membagikan tips untuk manajemen waktu agar dapat menulis blog dengan konsisten. Ada 4 poin penting yaitu :

1. Luangkan waktu khusus 1 sampai 2 jam untuk ngeblog;

2. Setelah semua pekerjaan selesai;

3. Siang atau malam hari;

4. Sengaja tidak membuat janji temu.


Motivasi terbesar Husna Roina untuk konsisten berkarya adalah diri sendiri, sebagai bentuk mencintai diri sendiri. Husna berharap eksistensi dirinya ini akan lebih dikenal. Sehingga dari karya-karyanya itu bisa memberi manfaat untuk orang lain. Karena sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain.


Bagi Husna Roina, blog menjadi salah satu tempat untuk mencari dan menemukan jati dirinya. Semakin banyak tulisan yang dibagikan, Husna berharap bisa menyentuh lebih banyak orang yg memiliki problem yg sama sepertinya.


Ukiran Prestasi Husna Roina


Beberapa Karya Husna Roina



Banyak sekali prestasi yang sudah diukir oleh Husna Roina ini, terutama dalam bidang tulis menulis. Keren banget ya Masya Allah di usia yang masih belia begini. Antara lain yaitu :


Menulis dua buku antalogi,

Buku pertama berjudul Pesona Syukur dari penerbit Salampena.

Buku kedua adalah antalogi cerpen project dari komunitas kota kata palembang, berjudul Impromptu kumpulan cerpen para anggota komunitas.


Selain itu, Husna Roina sudah menulis 5 buah cerpen yang kesemuanya itu sudah didiskusikan di komunitas.


Kecintaannya terhadap dunia literasi membuatnya aktif bergelut di komunitas sastra kota kata palembang. Pastinya banyak sekali program-program keren untuk kegiatannya


Menjadi volunteer di perpustakaan cinta baca palembang dan menjadi relawan membacakan anak-anak buku cerita bergambar. Pastinya membuat mereka akan lebih cinta buku.


Husna Saat Pentas Drama di Sumatera Selatan



Husna juga pernah menjadi pemain wanita di  acara lokakarya seni budaya di Taman Budaya Sriwijaya Sumatera Selatan bersama komunitas. Membawakan cerpen dalam bentuk pentas drama. Judulnya Kelabu di Kepala Anwar. Seru banget ya!


Ada pesan dari Husna nih untuk pembaca sekalian yaitu walaupun ada kalanya kita merasakan kemalasan dalam menulis, berhentilah sejenak saja dan lanjutkan tetaplah menulis.


Karena jika tidak ada orang yang mau mendengarmu dan jika selalu merasa kesepian dan hidup terasa sunyi.


Kertas bisa menjadi teman baik yang akan selalu setia mendengar keluh kesahmu tanpa dia mengeluh. Maka teruslah untuk menulis kawan.



Sesi Tanya Jawab Singkat Bersama Husna Roina



I : Kegiatan favorite di rumah?

H : Baca buku dan rebahan

I : Warna kesukaan?

H : Putih, hitam, coklat

I : Niche blog yang dituju?

H : Buku, seputar literasi, dan perpustakaan

I : Kenapa memilih niche tersebut?

H : Karena menyukai bidang tersebut dan sudah bergelut juga dengan materinya selama kuliah

I : Harapan besar terhadap blognya?

H : Sebagai branding diri penggiat literasi dan memberi manfaat untuk banyak orang

I : Struggle dalam ngeblog?

H : Suka mager buka laptop

I : Influencer dibidang apa? Bukan influencer, sedang merintis jadi Bookstagram

I : Kegiatannya apa aja?

H : Mengulas buku dan berbicara apa aja tentang buku

I : Prestasi seperti apa yang diharapkan dari blognya?

H : Bisa mendatangkan cuan 😂😂


Nah, Keren bukan? Yuk yang muda terpaculah untuk terus berkarya, yang sudah tidak muda terpaculah untuk menjadikan jiwa tetap muda untuk berkarya. Semangat semuanya! Jangan lupa juga kunjungi blogku ya biar tetap semangat nih buat tulisan untuk kalian.


Demikian tulisan singkat Bergerak Mengukir Prestasi Sejak Dini - Husna Roina Dibalik Layar Blog Lauvista. Yang pengen kepoin lebih Husna Roina boleh banget berkunjung ke media sosial pribadinya ya!


Instagram : @husna_roina

Tiktok : @nararea_

Youtube : Husna Roina


Semoga bermanfaat dan menginspirasi buat kalian semua terutama buat diri pribadi sih yang udah emak-emak ini biar tetap membara jiwa mudanya, semangat!


👋🏻👋🏻👋🏻

Related Posts

22 comments

  1. MasyaAllah sekali ya mbak Husna ini. Aku salfok ke jurusan kuliahnya. Ilmu perpustakaan. Pasti keren itu, bergelut dg banyak buku. Jadi penasaran gimana kuliahnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa, jadi lebih penasaran banget kan hihi. Hayukk tanya2 sama kenalan lebih dalam, banyak ilmu baru pake banget!

      Delete
  2. Kalau boleh memutar waktu, kok, saya juga ingin kuliah jurusan Ilmu Perpustakaan, ya. 😅 Masyaallah tabarakallah, yang muda yang berprestasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, yuk belajar tak kenal usia bisa double degree nih mbak 💪🏻

      Delete
  3. Aku kalo baca tentang blogger kok awalnya karena ada si Bobo ya :) ? Eh BTW ujungnya pengen cuan, sama kaya aku eui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa emang awal suka membacanya dari BOBO, majalah legend jaman kecil itu, hehe

      Delete
  4. Duh, lagi-lagi ada dedek gemes yang berprestasi. Keren masyaallah. Yang udah lebih berumur, yuuk jangan mau kalah yukk *tua ngajak2 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk mamak kita juga pasti bisa! Kalau kumpul sama yang muda kek gini jadinya jiwanya ikutan membara ya kan? Hehe

      Delete
  5. Masya Allah, seneng ya bacanya. Semoga bisa ketular semangat dan prestasinya :)

    ReplyDelete
  6. selalu salut sama yang muda, semangat membara dan penuh karya :)

    ReplyDelete
  7. Prestasi mba hosna luar biasa.. Tulisan nya sudah terbit menjadi buku..

    Sangat memotivasi..

    ReplyDelete
  8. Masyaa Allah.. mbak Husna di tengah kesibukannya ternyata suka jadi volunteer ya kereeen! Semoga jadi amal jariyah ya mbak dan tetep semangat ngeblog~ biar lebih banyak manfaat yang ditularkan di jagad maya, insyaa Allah

    Mbak Imaaaa... good review :D
    Ulasannya lugas dan mengena~ kapan-kapan mau deh wawancarain mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa MasyaAllah ya keren banget jadi terpecut nih buat aku pribadi hehe

      Tingkyu yaa...hayukk atuh kenalan lebih dalam eaa

      Delete
  9. pengalaman, prestasi, dan karyanya mba Husna luar biasa banyakk banget. Duhhh, semoga bisa nular ke aku pengalamannya..

    ReplyDelete
  10. masyaAllah, semoga bisa terus berprestasi mbak husnaa

    ReplyDelete
  11. Masya Allah kereen sekali kak. Semoga terus bisa berprestasi ya

    ReplyDelete

Post a Comment